Peran MIPA dalam Peningkatan Kualitas Hidup dan Pengembangan Karakter

Semarang, mipa.unnes.ac.id. Sebagai bagian dari serangkaian kegiatan September MIPA  yang setiap tahun diselenggarakan, FMIPA Unnes mengadakan Seminar Nasional MIPA Unnes 2012 pada tanggal 15 Desember 2012 di Gedung C7 kampus Sekaran Gunungpati Semarang. Dalam sambutannya, Ketua Panitia mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membentuk masyarakat MIPA yang berkualitas dan mampu mengembangkan pendidikan berkarakter yang diimbangi oleh kecerdasan emosional,  sosial dan spiritual untuk mewujudkan kehidupan harmonis berdasarkan nilai budaya luhur bangsa.

Seminar yang bertema “Peran MIPA dalam Peningkatan Kualitas Hidup dan Pengembangan Karakter” ini menghadirkan 4 Pembicara Utama dan diikuti oleh 146 peserta dan 91 pemakalah. Praktisi, peneliti, guru, dosen, maupun mahasiswa hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan ini. Panitia menyebutkan bahwa peserta berasal dari berbagai instansi baik dari Jawa maupun luar Jawa, diantaranya adalah LIPI, BATAN, UNJ, Undip, ITS, UI, UPI, UGM, Unnes, UNS, Universitas Medan, Universitas Brawijaya, Universitas Papua Manokwari, Universitas Tanjungpura, STKIP PGRI Pontianak, IAIN Walisongo Semarang, Universitas Lampung, Universitas Haluleo, Unisbank Semarang, Boarding School of Daar el Qolam, SMA N 1 Ungaran dan beberapa instansi lainnya.

Setelah seminar dibuka oleh Dekan FMIPA Unnes, Prof. Dr. Wiyanto, M.Si. didampingi oleh Dr. Ir. Priyantini Widiyaningrum, M.S. selaku Ketua Panitia, kegiatan dilanjutkan dengan Diskusi Panel. Pada Diskusi Panel I, Prof. Dr. Supriadi Rustad, M.Si (Direktur Ditnaga Dikti) membuka diskusi dengan memaparkan makalah tentang Mutu Dosen dan Publikasi Perguruan Tinggi (Membangun Budaya Akademik).Disamping menyampaikan informasi tentang  data-data tentang dosen dan fakta-fakta di lapangan hingga kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan pendidik dan tenaga kependidikan serta publikasi karya ilmiah,Profesor di bidang Fisika Kebumian ini juga menyampaikan materi tentang membangun budaya melalui publikasi karya ilmiah dan produktivitas ilmiah. Diskusi dilanjutkan dengan membahas Pemanfaatan Bahan Alam untuk Meningkatkan Kualitas Hidup bersama Pakar Kimia organik, Prof. Dr. Asep Kadarohman, M.Si (Dekan FPMIPA UPI).

Pada Diskusi Panel II,  “Can Biology Teaching Facilitate Character Development: Lesson Learnt From Causal Relationships of Pakem, Teacher’s Educational Background, and School Cultures” menjadi tema yang diangkat oleh Dr. Andreas Priyono B.P, M.Ed (Dosen Pendidikan Biologi FMIPA Unnes).  Selanjutnya, diskusi matematika terapan dimulai dengan membahas ilmu dasar dan terapan, pemodelan matematika hingga simulasi numeric menggunakan program komputer oleh Dr. Fajar Adi Kusumo, M.Si (Dosen Matematika FMIPA UGM) yang mengangkat tema Dinamika Penyebaran Influenza Tipe A Akibat Mekanisme Drift pada Kasus Flu Babi.

Pada sesi paralel, 91 peserta mempresentasikan  makalahnya dengan dikelompokkan sesuai bidang, yaitu matematika, fisika, kimia, dan biologi. Diskusi tentang gagasan konseptual dan hasil penelitian MIPA dan Pendidikan MIPA berlangsung selama 3 jam dan ditutup pada pukul 16.00. (AdNCmat)

This entry was posted in Akademik. Bookmark the permalink.

Comments are closed.