SELAYANG PANDANG KEGIATAN PPL DI TAIWAN

PPL taiwan

 

Sebanyak enam mahasiswa Universitas Negeri Semarang mengikuti program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Internasional di Taiwan. Keenam mahasiswa tersebut yaitu Isyna Izzal Muna dan Arno Johan dari jurusan Pendidikan Matematika, Irene Wardhani Kusuma dan Candra Tri Kurnianingsih dari jurusan Pendidikan Kimia, serta Risha Intan Rachmawati dari jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga dan Sri Febriani dari jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Mereka tiba di Taiwan pada tanggal 13 September 2016 dan tengah menjalankan program PPL selama dua bulan.

Setelah melaksanakan orientasi pada minggu pertama, minggu selanjutnya keenam mahasiswa tersebut diterjunkan ke tiga sekolah di Tainan, yaitu National Tainan Chia-Chi Senior High School, Yongkang Junior High School, dan Jincheng Junior High School. Minggu pertama di sekolah, mahasiswa diberi kesempatan untuk melakukan observasi dan minggu berikutnya mahasiswa ikut terjun dan berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran di kelas.

Sistem pembelajaran di ketiga sekolah ini menganut sistem Full Day School. Proses kegiatan belajar-mengajar di sekolah dimulai pukul 08.00 pagi. Selanjutnya jam istirahat berlangsung pada pukul 12.00. Sekolah menyediakan makan siang untuk siswa, sehingga siswa tidak perlu membawa bekal atau membeli makanan di luar. Setelah kegiatan makan siang, dilanjutkan dengan tidur siang di kelas masing-masing. Pukul 13.20, aktivitas belajar-mengajar kembali dilanjutkan dan berakhir pada Pukul 17.00. Proses pembelajaran di dalam kelas berlangsung tertib dan menyenangkan. Sikap aktif, serta karakter menghargai antar sesama sangat terlihat dalam pembelajaran. Mereka sangat menghormati dan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi terhadap sesama yang mempunyai perbedaan budaya dan latar belakang. Selain itu, budaya membaca di sekolah ini sangat tinggi. Di sekolah Chia-Chi Senior High School, pihak sekolah memberikan apresiasi berupa hadiah bagi siswa yang meminjam buku untuk pertama kali, serta memberi hadiah pula kepada siswa yang berhasil meringkas buku bacaan yang ia pinjam di perpustakaan.

Melalui program PPL Internasional ini, mahasiswa banyak mendapatkan pengalaman baru yang sangat berharga serta memperoleh pandangan yang luas terhadap sistem pembelajaran di sekolah-sekolah luar negeri. Banyak pula nilai-nilai kehidupan yang dapat dipetik selama tinggal di negeri asing yang mempunyai latar belakang yang sangat berbeda. Semoga program PPL Internasional dapat terus digalakkan dan semakin memberikan dampak yang positif bagi Universitas kita tercinta, Universitas Negeri Semarang.

 

(Irene Wardhani Kusuma, mahasiswa Jurusan Kimia FMIPA UNNES)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


five × two =