Workshop Pengembangan Kurikulum dan Studium Generale untuk Penyiapan Guru MIPA di Sekolah Internasional

studium generaleBerkembangnya sekolah internasional di kota kota besar Indonesia memerlukan guru-guru profesional yang mampu mlaksanakan pembelajaran dalam bahasa Inggris. FMIPA UNNES telah mempersiapkan dan mengantisipasinya sejak beberapa tahun lalu melalui Program kompetitif Direktorat Pembelajaran yaitu Program Guru Matematika dan Ilmu Pegetahuan Alam Bertaraf Internasional (PGMIPABI) yang selanjutnya disebut PGMIPAU (Program Guru Matematika  dan Ilmu Pengetahuan Alam Unggul). Selepas program itu, untuk menjamin keberlanjutannya FMIPA teap menyelenggarakan kelas bilingual dan rintisan kelas internasional di Prodi Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia dan Pendidikan Biologi.

Dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan kelas bilingual dan kelas internasional program studi pendidikan MIPA, telah dilangsungkan Workshop on Curriculum Development to Prepare International Mathematics and Science Teacher and Studium Generale. Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Dies Natalis Unnes yang ke 52 ini dibuka langsung oleh Rektor UNNES Prof. Dr. Fathurachman, M.Hum. Dalam sambutannya Rektor menyampaikan ucapan selamat kepada FMIPA atas terselenggaranya kegiatan yang memberikan kontribusi terhadap reputasi UNNES. Rektor juga menyambut baik kehadiran narasumber internasional dari Thailand dan Malaysia. Menurut laporan ketua Panitia Stephani Diah Pamelasari kegiatan workshop diikuti dosen mipa dari berbagai perguruan tinggi dengan narasumber Prof. Melor dari Universiti Kebangsaan Malaysia, Dr. Kulthida dari Kasetsart University (KU) Thailand, dan Langlang Handayani M.App.Sc dari UNNES diikuti sekitar 60 peserta dari Aceh, Padang, Makasar, Jakarta, dan sekitar Jawa Tengah.

Pada saat bersamaan FMIPA mengadakan Studium Generale dengan mendatangkan dua dosen dari Faculty of Education and Development Science, KU Thailand. Dr. Witat Fakcharoenphol dan Assist. Prof. Dr. Nantarat Kruea-In memberi kuliah di Fakultas MIPA, Jumat (28/4) di Gedung Dekanat FMIPA Lantai 3. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari kerjasama UNNES dengan Kasetsart University (KU) Thailand,

Sebanyak 160 mahasiswa program bilingual  FMIPA UNNES mengikuti kuliah dengan antusias. Dr. Witat Fakcharoenphol menyampaikan materi Fisika tentang praktikum Fisika Dasar dengan menggunakan sebuah alat sensor all in one IOLab.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


20 − 2 =