Alat Peraga Matematika Penting Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan

alat peraga matematika isti hidayahUniversitas Negeri Semarang (UNNES) mengundang Kepala Dinas Pendidikan dari Kabupaten dan Kota se-Jateng untuk diberi pendidikan dan pelatihan pembelajaran matematika pendidikan dasar berbasis saintifik dengan bantuan alat peraga di Gedung Prof Retno Sriningsih LP2M, Rabu (10/5).

Kegiatan tersebut merupakan pemaparan hasil penelitian yang dilakukan oleh empat dosen dari UNNES yaitu Dr Isti Hidayah MPd, Dra Margunani MP, Dr Dwijanto MS, dan Drs Sugiarto MPd.

Mereka menciptakan alat peraga matematika yang dapat merangsang dalam proses belajar dan menumbuhkan motivasi belajar sehingga siswa tidak menjadi bosan.

Selain itu alat peraga juga dapat menjadi alat komunikasi antara guru dan siswa saat penyampaian pesan kepada siswa.

Saat membuka acara Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Rustono MHum menyampaikan, instrument audio maupun visual yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran matematika akan menjadi menarik apabila menggunakan alat peraga karena akan membangkitkan minat siswa dalam mendalami suatu materi.

Ia menambahkan, Penelitian ini mendorong UNNES sebagai LPTK yang meningkatkan kualitas pendidikan yang diselenggarakan baik oleh masyarakat maupun pemerintah untuk memantapkan sistem pendidikan yang efektif dan efisien dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Ketika memberikan paparan Dr Isti Hidayah MPd menjelaskan, Alat peraga pengajaran merupakan alat yang digunakan guru ketika mengajar untuk membantu memperjelas materi pelajaran yang disampaikannya kepada siswa. Selain itu, menggunakan alat peraga dalam proses belajar mengajar yang akan membuat siswa gembira dan senang karena mereka merasa tertarik dan mengerti pelajaran yang disampaikan.

Dalam acara ini Drs Sugiarto MPd berkempatan memperagakan hasil penelitiannya dihadapan 35 Kepala Dinas Pendidikan Kota dan Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Diharapkan kedepan alat peraga yang sudah tercipta akan dapat diproduksi secara masal oleh industri terkait dan bisa bermanfaat untuk penguasaan materi pembelajaran Matematika ditingkat SD dan SMP.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


3 × 4 =