Tarawih Perdana UNNES: “Berpuasalah, Maka kamu Akan Sehat”

Dalam menyambut bulan Ramadhan 1438 Hijriyah, Masjid Ulul Albab UNNES kembali mengadakan Shalat Tarawih Berjamaah pada Jumat (26/5). Dalam Tarawih perdana kali ini, bertindak sebagai Imam adalah Dr Zaim El Mubarok MAg. Kemudian, terdapat pula tausiyah dari H Iskandar Chang, SAg, MSi, selaku dosen IAIN Salatiga.

Pada kesempatan kali ini, Iskandar memberikan tausiyah bertema “Berpuasalah, maka Kamu akan Sehat”. Terdapat satu poin penting mengenai kesehatan yang didapatkan oleh umat muslim ketika berpuasa. Selama satu bulan berpuasa, umat muslim dapat meningkatkan lima kesehatan, yakni kesehatan fisik dan mental, intelektual, finansial, sosial, dan spiritual.

Kesehatan fisik dan mental berkaitan dengan efek berpuasa pada metabolisme manusia. Kemudian, dalam kesehatan intelektual, Iskandar kembali mengingatkan umat untuk banyak membaca dan memahami arti Al-Quran. Pada poin berikutnya, untuk mencapai kesehatan finansial, sosial, dan spiritual, umat islam diajak untuk bersedekah kepada fakir miskin. Dengan ini, umat dapat mengelola zakat tepat pada sasaran.

Rangkaian Tarawih Perdana kali ini ditutup dengan pesan dari Rektor UNNES, Prof. Fathur Rokhman, MHum melalui rekaman langsung dari Madinah. Rektor yang saat ini sedang beribadah Umrah mengucapkan, “Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan, semoga Allah melimpahkan rahmat, berkah, dan kemuliaan pada kita semua, serta menjadikan kita sebagai orang-orang yang muttaqin.”

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


four − 3 =