Pelatihan: Hardskill Dan Softskill Program Mendeley dan Manuskrip Artikel Ilmiah

Penulisan sitasi merupakan elemen penting dalam sebuah penulisan karya ilmiah / skripsi / tesis menjadi manuskrip yang siap diterbitkan. Seringkali penulis pemula, pelajar, mahasiswa dan masyarakat akademik terjebak dalam tindakan plagiasi yang tidak disengaja karena kurang hati-hati dalam membuat sebuah sitiran. Oleh karenanya, keberadaan sebuah perangkat lunak yang berfungsi sebagai “citation & reference manager” adalah sebuah kebutuhan, sehingga setiap penulis dapat mengidentifikasi kualitas dan keaslian setiap referensi yang digunakan. Selain itu dengan “citation & reference manager”, penulis dapat mengolah dokumen referensi yang dimiliki, membuat pengelompokan berdasarkan topic / kategori tertentu, sekaligus me-retrieve metadata yang terdapat di dalam dokumen.

Saat ini banyak sekali bermunculan perangkat lunak “citation & reference manager” yang menawarkan berbagai fitur yang memudahkan penulis maupun dosen pembimbing untuk melacak keaslian referensi yang digunakan oleh mahasiswanya. Salah satu perangkat lunak “citation dan reference manager” yang belakangan ini mencuri perhatian banyak pihak adalah Mendeley.

Mendeley adalah sebuah perangkat lunak yang kelahirannya diilhami oleh sebuah upaya untuk mengintegrasikan “citation & reference manager” ke dalam sebuah jejaring sosial. Dengan jejaring semacam ini, peneliti di berbagai belahan dunia dapat berkolaborasi dan melakukan sharing data penelitian.

Oleh karena itu, untuk melatih mahasiswa fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam agar tidak terjebak dalam tindakan plagiasi serta kesalahan lainnya pada sebuah penulisan karya ilmiah / skripsi / tesis, fakultas MIPA mengadakan kegiatan pelatihan Hardskill dan Softskill Program Mendeley dan Manuskrip untuk meningkatkan publikasi ilmiah tingkat nasional maupun internasional menuju MIPA bereputasi Internasional.

Kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 22 Juli 2017 mulai pkl. 07.00 WIB bertempat di Gedung D5 lantai 3 FMIPA UNNES, akan hadir sebagai Pemateri pada acara tersebut adalah Dr. Ian Yulianti, M.Eng, Harjito,S.Pd., M.Sc dan Yoris Adi Mareta, S.Pd.

Tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu

  1. Menuju reputasi internasional melalui penulisan artikel ilmiah.
  2. Menulis karya ilmiah dengan baik.
  3. Menulis artikel ilmiah dengan baik.
  4. Memahami cara membuat daftar pustaka yang baik dan benar, sesuai dengan aturan yang berlaku.
  5. Koreksi dan submit artikel bagi mahasiswa/i yang sudah memiliki artikel.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*