FMIPA UNNES Selenggarakan Workshop Internasional

Pembelajaran IPA di sekolah merupakan pondasi awal dalam menciptakan siswa yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap ilmiah. Pembelajaran IPA akan sangat bermakna ketika proses pembelajaran itu dimengerti dan dipahami oleh siswa.

Conceptual understanding atau pemahaman konsep khususnya terhadap konsep IPA merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai dalam proses pembelajaran. Untuk dapat memutuskan apakah seseorang memahami konsep atau tidak, diperlukan kriteria atau indikator yang dapat menunjukan pemahaman tersebut.

Untuk itu FMIPA UNNES dan Hiroshima University Japan menyelenggarakan workshop dengan tema “Defining Conceptual Understanding in Science Learning” pada hari Rabu, 13 September 2017. Kegiatan ini diikuti oleh 80 guru IPA se-Kota Semarang di gedung D5 lantai 3 FMIPA Unnes.

Narasumber kegiatan ini adalah Drs Hadi Susanto MSi (FMIPA UNNES), Prof Dr Ani Rusilowati MPd (FMIPA UNNES) dan Arif Widiyatmoko MPd (Doctoral Student of Hiroshima University, Japan). Dalam workshop ini, peserta diberikan penjelasan tentang pendalaman materi IPA untuk memperkuat pemahaman konsep, diskusi tentang mendefinisikan pemahaman konsep di pembelajaran IPA, dan pengembangan instrumen untuk mengukur pemahaman konsep IPA.

Wakil Dekan bidang akademik, Prof Dr Edy Cahyono MSi yang memberikan pengarahan dan membuka acara, menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bagus guna mendukung visi UNNES yaitu menjadi universitas berwawasan konservasi dan bereputasi internasional.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


17 + sixteen =