Jurusan Ilmu Komputer Gelar SNIK 2017

semnas_ilkom

Pada tanggal 10 Oktober 2017, Jurusan Ilmu Komputer kembali menggelar Seminar Nasional Ilmu Komputer (SNIK) bertajuk “Cyber War and Data Security“, di Hotel Grasia Semarang. Pada seminar ini hadir Iptu Endro Prabowo, S.Kom (menggantikan AKBP. Haryo Sugihartono, SIK. SH. MH, Wadir Reskrimsus Polda Jateng, karena berhalangan hadir) dan Dr. Ir. Rinaldi Munir, MT (ahli multimedia security) menjadi keynote speaker. SNIK 2017 diikuti oleh 107 peserta yang berasal dari 10 provinsi di Indonesia, terdiri dari 40 pemakalah dan 67 peserta non pemakalah.

Sesuai dengan tema yang diangkat, Iptu Endro Prabowo memaparkan berbagai hal terkait dengan penanganan masalah perang siber yang biasa dihadapi oleh kepolisian, termasuk undang-undang yang mengaturnya pun dijelaskan pula. Beliau berpesan kepada peserta seminar agar selalu menjaga rasa awareness terhadap bahaya dan potensi kejahatan di dunia siber.

Selaras dengan materi pembicara pertama, Dr. Rinaldi Munir memaparkan tentang teknik-teknik di dalam mengamankan data multimedia agar tidak mudah dilihat/dimanfaatkan oleh orang yang tidak memiliki hak, misalnya dicegat di saat pengiriman data. Beliau juga berpesan agar berhati-hati di dalam menggunakan media internet, jangan mudah percaya dengan service yang ditawarkan oleh perusahaan internet.

Seminar Nasional Ilmu Komputer 2017 dibuka oleh Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNNES, Prof. Dr. Zaenuri, S.E., M.Si., Akt pada pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 14.00 WIB sesuai jadwal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


two × five =