DOSEN MIPA PEMBICARA WORKSHOP PENILAIAN OTENTIK BERBASIS KKNI DI UMRAH

Dosen MIPA telah diundang oleh Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang untuk menyampaikan materi tentang Pelatihan Penilaian Otentik bagi para dosennya. Kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal 7 –  8 November 2017. Pada awal kegiatan Workshop Pelatihan Penilaian Otentik  ini, maka peserta menerima materi oleh Prof. Dr. Rayandra Asyhar mengenai Kerangka Kualifikasi Nasionnal Indonesia (KKNI).  Pentingnya KKNI, karena pada saat ini di perguruan tinggi di Indonesia harus memiliki lulusan yang berkualitas nasional dan internasional dengan didukung oleh para dosen yang memiliki jiwa  kreatif, inovatif, inspiratif, dan memiliki jiwa maritim.

Adapun saat ini telah ditetapkan oleh Pemerintah mengenai  Standar Kompetensi Lulusan (SKL) suatu perguruan tinggi baik jenjang pendidikan sarjana dan pascasarjana. Mengacu pada Kerangka Kualifikasi  Nasional Indonesia (KKNI) dan  Standar Nasinonal Pendidikan  Tinggi  yang tertuang pada  Peraturan Presiden no 8 tahun 2012 dan Permendikbud 49/2014, maka setiap dosen harus mengerti akan KKNI itu. Pada peraturan presiden tersebut, maka standar penilaian yang harus diterapkan adalah penggunaan penilaian otentik.  Penilaian otentik adalah suatu bentuk penilaian yang menghendaki peserta didik (siswa/mahasiswa)  menampilkan sikap,   pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh pada pembelajaran di kelas, laboratorium, atau bengkel untuk melakukan tugas atau pekerjaan pada situasi yang sesungguhnya/nyata. Instrumen untuk melaksanakan penilaian otentik untuk capaian pembelajaran pengetahuan dapat berupa tes tulis, tugas, dan tes lisan;  untuk sikap dapat diungkap menggunakan observasi, penilaian diri, penilaian antar teman sejawat, dan jurnal; sedangkan untuk capaian pembelajaran keterampilan dapat berupa  tes praktek, portofolio, tes kinerja dan produk, serta proyek. Pentingnya penilaian otentik tersebut, maka Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) mengadakan Workshop Pengembangan instrumen tes otentik bagi dosen UMRAH.

Kegiatan Pelatihan pengembangan istrumen penilaian otentik dilaksanakan di Kampus utama rektorat lantai III UMRAH dengan nara sumber Prof. Dr. Sudarmin, M.Si dari UNNES semarang. Para peserta dari para dosen yang ikut dalam kegiatan tersebut diberikan apa, mengapa, dan bagaimana penilian otentik dapat dikembangkan dan diterapkan oleh bagi  dosen di UMRAH. Pada sambutannya wakil Rektor bidang akademik, kerjasama, dan mahasiswa yaitu Prof. Dr. H. Rayandra Asyhar, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari workshop pengembangan Rencana Perkuliahan Semester (RPS) yang sebelumnya telah dilaksanakannya, sehingga para dosen bisa merancang dan mengembangan RPS dengan penilaian otentik.  Adapun bentuk tagihan dari kegiatan Workshop Penilaian Otentik adalah setiap dosen sebagai peserta harus mengembangkan dan menerapkan penilaian otentik tersebut dalam menyelesaikan masalah atau persoalannya. Untuk mencapai tujuan dari kegiatan Workshop tersebut, nara sumber menyampaikan teori terkait penilaian otentik, dilanjutkan praktek pembuatan penilaian otentik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


4 + seven =