SIAP MENYONGSONG INDONESIA EMAS 2045, HIMABIO UNNES ADAKAN OLIMPIADE TINGKAT NASIONAL

Himpunan Mahasiswa Biologi (Himabio) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Univeristas Negeri Semarang (Unnes) menyelenggarakan kegiatan Final Pekan Ilmiah Biologi Terpadu (PIBT) XXIII, Minggu (5/11).

Pekan Ilmiah Biologi Terpadu merupakan salah satu acara tahunan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Biologi yang didalamnya terdapat serangakain acara yaitu Quik and Smart (QnS) Olimpiade Mahasiswa Biologi Tingkat Jateng DIY, Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) Tingkat Nasional, dan Olimpiade Biologi Tingkat Nasional untuk Jenjang SD,SMP,SMA Sederajat. Tahun ini dengan mengangkat tema “Mewujudkan Generasi Emas  Indonesia Berjiwa Sains Berkarakter Konservasi”, Himabio Unnes berharap dengan diadakannya kegiatan ini dapat menjadi salah satu ajang siswa dan mahasiswa untuk berprestasi ditingkat nasional secara kompetitif. Selain itu juga sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tema yang diambil ini selaras dengan Unnes yang memiliki Visi Berwawasan Konservasi. Selain itu juga kegiatan PIBT XXII ini sebagai perwujudan Unnes sebagai Rumah Ilmu.

Kegiatan Final PIBT XXIII (5/11) dibuka secara resmi oleh oleh Prof. Dr. Sudarmin, M.Si. “Kegiatan olimpiade semacam ini perlu dilakukan untuk mewujudkan Generasi Emas pada tahun 2045, Himabio merupakan salah satu yang menyelenggarakan kegiatan yang bermanfaat ini. Selain itu selaras dengan FMIPA yang inovatif maka diharapkan serangkain acara PIBT ini dapat mengembangkan Jiwa sains dan inovatif dari siswa.” Jelas Prof Sudarmin ketika memberikan sambutan

Serangkaian tahapan Olimpiade Biologi Tingkat Nasional Terdiri dari Seleksi Tingkat Regional yang diselenggarakan di 14 Kota diseluruh Indonesia diantaranya adalah Palembang, Jakarta, Bandung, Ceribon, Tegal, Purwokerto, Pekalonngan, Semarang, Kudus, Solo, Yogyakarta, Kediri, Malang, Surabaya, dengan total peserta sejumlah 703 peserta . Tahap selanjutnya adalah Tahap Final yang diselenggarakan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, terdiri dari babak Responsi, Babak Unjuk Kerja, Babak Lomba Cerdas Cermat, dan Babak Presentasi. Sehingga didapatkan Juara 5 Besar, kategori Elementary School Biology Olympiad (ESSO), Juara I diraih oleh Juan Tegar Augusta, Juara II Erlangga Dief Putra Hamam, Juara III Alisha Diandra Azkarina. Kategori Junior High School Biology Olympiad (JHSBO), Juara I diraih oleh Farrel Alfaza Marsetyo, Juara II Shabrina Farras Tsany, Juara III Ursula Krisna Utaminingtyas. Senior High School Biology Olympiad (SHSBO) Juara I diraih Muhammad Abdul Fattah, Juara II Fathul Aziz, Juara III Dewa Putu Adhi. PIBT XXIII di ketuai oleh Bayu Dwi Hadmoko, Jurusan Biologi angkatan 2015. Bayu memaparkan bahwa besar harapannya setelah kegiatan PIBT terlaksana, nantinya dapat menjadi motivasi untuk peserta lebih berprestasi lagi.

“Selain Olimpiade Biologi Untuk siswa, terdapat juga lomba Olimpiade Biologi untuk Mahasiswa, Juara Quick and Smart diraih oleh Mira dan Diqna Nur Annisa dari UNY meraih Juara I, Sariefudin Avycena dan Deby Ananda dari UNDIP Meraih Juara II, Ahmi Yofaniar  dan Dyah Ayu dari UNY Meraih Juara III, dari total peserta 72 Tim. Selain itu untuk juara LKIR  diraih oleh Juara I Tim Man 1 Nganjuk, Juara II Tim SMAN 1 Kota Kediri, Juara III Tim SMAN 1 Dempet, dari total peserta 48 Tim.” Jelas Bayu saat acara Final berlangsung.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


2 × 5 =