Kuliah Umum: Big Data, Modeling, Simulation, Computational Platform and Holistic approaches for the Fourth Industrial Revolution

KuliahUmum

Jurusan Matematika dan Jurusan Ilmu Komputer FMIPA UNNES kembali menyelenggarakan kuliah umum pada Selasa (14/11/17), bertempat di gedung D12 FMIPA UNNES. Pada kesempatan ini, Jurusan Matematika dan Jurusan Ilmu Komputer mengundang Jabatan Matematik dari Fakulti Sains, Universiti Teknologi Malaysia (UTM) Assoc. Prof. Dr. Norma Binti Alias. Mengusung tema “Big Data, Modeling, Simulation, Computational Platform and Holistic approaches for the Fourth Industrial Revolution”. Kuliah umum ini turut dihadiri dosen-dosen Jurusan Matematika dan Jurusan Ilmu Komputer.

Kuliah umum ini dibuka dengan sambutan dari Ketua Jurusan Matematika, Drs Arief Agoestanto M.Si. Dalam kesempatan tersebut, Assoc. Prof. Dr. Norma Binti Alias memaparkan bahwa industri saat ini telah memasuki Revolusi industri keempat (the fourth industrial revolution) yang merupakan era digital ketika semua mesin terhubung melalui jaringan internet.

Revolusi industri keempat ini didasarkan pada 3 argumen: kecepatan, ruang lingkup dan dampak terhadap sistem. Memungkinan jutaan orang terhubung melalui koneksi seluler, menggunakan operasi sistem, kapasitas memori serta akses pengetahuan yang tidak terbatas. Kemungkinan-kemungkinan tersebut akan diiringi dengan kecanggihan teknologi yang terus meningkat, khususnya; kecerdasan buatan (AI/Artificial Intelligence), teknologi robot, internet, kendaraan tanpa awak, teknologi nano, bioteknologi, sains material, dan komputer kuantum.

Pemanfaatan kecerdasan buatan yang semakin masif di sekeliling kita ditopang oleh peningkatan kemampuan komputer dan ketersediaan data yang tak terbatas, dari software yang bisa digunakan untuk menciptakan obat terbaru hingga algoritma yang memperhitungkan minat konsumsi berdasarkan budaya asal. Peningkatan kemampuan komputer ini dilakukan dengan memanfaatkan paralel komputer. Model ini mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak, sehingga memungkinkan pemrosesan big data dan simulasi berjalan lebih cepat dan akurat.

Kuliah umum ini diakhiri dengan pertukaran cideramata oleh Ketua Jurusan Ilmu Komputer, Endang Sugiharti, S.Si., M.Kom dengan Assoc. Prof. Dr. Norma Binti Alias, dan sesi foto bersama dengan dosen Jurusan Matematika dan Jurusan Ilmu Komputer.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


4 × 2 =