PEKAN ILMIAH FISIKA XXVIII UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Pada hari Sabtu dan Minggu, 11 – 12 November 2017, bertempat di gedung Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unnes, Pekan Ilmiah Fisika (PIF) XXVIII telah berhasil melangsungkan kegiatan Grand Closing yang terdiri atas babak semifinal dan final Olimpiade sains dan Fisika, babak final LKTIS dan LKTIM, serta bazaar pendidikan.

Pekan Ilmiah Fisika ke-28 Tingkat Nasional Tahun 2017 atau PIF XXVIII merupakan agenda besar Himpunan Mahasiswa Fisika Jurusan Fisika, FMIPA, Unnes yang bertemakan “Kontribusi Fisika Wujud Bakti Anak Bangsa Menuju Generasi Emas Indonesia”. Dengan diadakannya agenda ini diharapkan dapat memunculkan karya-karya inovatif dari anak bangsa sebagai wujud bakti menuju generasi emas Indonesia. Sebelum diadakannya Grand Closing ini, serangkaian kegiatan PIF XXVIII telah dibuka dengan Seminar Nasional dan Seminar Paralel pada tanggal 24 September 2017, dan diikuti dengan babak penyisihan Olimpiade sains dan Fisika yang diselenggarakan secara serentak di 13 wilayah di Indonesia pada tanggal 8 Oktober 2017 lalu.

Kegiatan Grand Closing PIF XXVIII (11/11) dibuka secara resmi oleh Dr. Suharto linuwih, M.Si. selaku Ketua Jurusan Fisika, FMIPA, Unnes dengan bertempat di lapangan parkir FMIPA. Setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan babak semifinal dan final Olimpiade Fisika SMA/sederajat. Dari babak semifinal tersebut didapat enam peserta yang berhasil masuk ke babak final. Babak final terdiri atas penilaian praktikum dan lomba cerdas cermat (LCC). Selain itu, pada hari sama juga dilakukan presentasi karya oleh peserta Lomba Karya Tulis Ilmiah siswa (LKTIS) dan Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa (LKTIM) dilanjutkan dengan fieldtrip.

Pada hari kedua (12/11) terdapat rangkaian acara yang terdiri atas Lomba Mewarnai TK/sederajat, gelar karya peserta LKTIS dan LKTIM, bazaar Pendidikan, dan penampilan seni yang diselenggarakan di Lapangan Parkir FMIPA. Sementara itu, di gedung FMIPA yang lain sedang dilaksanakan babak semifinal dan final Olimpiade Sains SD/sederajat serta babak semifinal dan final Olimpiade Fisika SMP/sederajat dengan format kegiatan sama seperti Olimpiade Fisika SMA yang telah dilaksakan sehari sebelumnya.

Kegiatan Grand Closing ini ditutup dengan Penganugerahan Juara yang dihadiri oleh Prof. Dr. Sudarmin, M.Si, Dr. Suharto linuwih, M.Si. dan Sugiyanto, S.Pd., M.Si. dan diakhiri pemutaran video serangkaian kegiatan PIF XXVIII

Berikut daftar juara PIF XXVIII:

Lomba Mewarnai TK/sederajat: Juara I Rafa, Juara II Ravasha Raditya N, dan Juara III Maulida Intan Pradani

Olimpiade Sains SD/sederajat: Juara I Latif Anwar, Juara II Collin Mykelti Wilson, Juara III Novin Raushan, Juara Harapan I Iman Tegar Augusta, Juara Harapan II Marco Ryan Suseno, dan Juara Harapan III Alif Badruzaman

Olimpiade Fisika SMP/sederajat: Juara I M. Anin Nabail ‘Azhim, Juara II Farrel Alfaza Marsetyo, Juara III Ahmad Yasin, Juara Harapan I Rahadian Swastika, Juara Harapan II Irsyad M. Aziz, dan Juara Harapan III Maria Valentina

Olimpiade Fisika SMA/sederajat: Juara I Chrysan Angela, Juara II Dimas Anantama Fajrin, Juara III Muhammad Alwi Rofiqi, Juara Harapan I Ahmad Aulia Fadly, Juara Harapan II Efka Tsabita Imania, dan Juara Harapan III Fakhru Adlan Ayub

Lomba Karya Tulis Ilmiah Siswa (LKTIS): Juara I SMKN 1 Purbalingga, Juara II SMAN 3 Salatiga, dan Juara III SMA Kebon Dalem Semarang.

Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa (LKTIM): Juara I Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG), Juara II Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Juara III Institut Teknologi Bandung (ITB).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


1 × two =