HIMABIO UNNES SUKSES SELENGGARAKAN SEMINAR NASIONAL NANOTEKNOLOGI

Himpunan Mahasiswa Biologi (Himabio) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Univeristas Negeri Semarang (Unnes) kembali menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional Nanoteknologi, Sabtu (18/11).

Seminar Nasional Himabio Unnes, tahun ini mengangkat tema “Pemanfaatan Nanoteknologi Sebagai Inovasi Menuju Indonesia Emas”, tema ini sangat relevan dengan kondisi saat ini. Semakin berkembangnya zaman diperlukan pula pengembangan ilmu pengetahuan khusunya dibidang nanoteknologi untuk menyongsong Indonesia Emas 2045. Nanoteknologi merupakan ilmu multidisiplin sains yang berfokus pada memanipulasi bahan pada tingkat molekul dan atomik yang menghasilkan material menarik.

Kegiatan Seminar Nasional Nanoteknologi (18/11) dibuka secara resmi oleh oleh Prof. Dr. Sudarmin, M.Si. Kegiatan seminar ini dilaksanakan di gedung LP2M Prof. Retno Sriningsih ini berjalan dengan lancar dan sangat meriah. Dengan mendatangkan narasumber yang luar biasa dan ahli di bidang nanoteknologi yaitu Muhammad Ikhlasul Amal, S.Si, M.Si, Ph.D memaparkan mengenai gambaran umum nantokenologi dan pengaplikasiannya diberbagai bidang, berasal dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Dr. Agus Sukarto Wismogroho, M.Eng memaparkan mengenai aplikasi pembuatan partikel nano berasal dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Cepi Kurniawan S.Si, M.Si, Ph.D memaparkan mengenai Tinjauan Penelitian Nanoteknologi berasal dari Universitas Negeri Semarang.

Sinta Hedy Cahyaningrum selaku ketua panitia berharap setelah mengikuti kegiatan Seminar ini, kedepannya mahasiswa tertarik untuk mengembangkan penelitian di bidang Nanoteknologi, karena pemanfaatan nanoteknologi secara arief dan bijaksana dapat mendatangkan manfaat yang banyak. Peserta Seminar Nasional sangat antusias dalam acara ini, peserta terdiri dari Mahasiswa, Masyarakat Umum, dan Dosen, peserta berasal dari beberapa wilayah. Selain pemamparan materi mengenai nanoteknologi, terdapat hiburan akustik band dari Warwolf dan doorprize menarik bagi peserta yang beruntung.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


thirteen − 7 =