Dosen UNNES Kembangkan Inovasi Energi Terbarukan

Dua dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Semarang (UNNES) mengembangkan inovasi energi terbarukan melalui program Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT) KemenristekDikti 2017.

Mereka Much Aziz Muslim SKom MKom dan Budi Prasetiyo SSi MKom dengan judul “Inovasi Smart Solar Home System dengan Teknologi Grid Charging untuk mendukung konservasi energi”.

Much Aziz dan Budi Prasetiyo mengatakan, alat ini merupakan solar control dengan teknologi smart grid battery charging control dengan menggunakan tiga baterai, mempunyai tiga fungsi yakni Smart charging, Overcharging control, dan Charging monitor.

Dia menjelaskan, Smart charging yaitu alat ini mampu memilih baterai yang levelnya paling rendah untuk dilakukan pengisian, kemudian Overcharging control menghentikan pengisian baterai jika sudah kondisi penuh sehingga dapat mengoptimalkan umur baterai, dan Charging monitor yakni mampu memonitoring pengisian baterai via layar LED.

Ini masih program pengembangan inovasi akan diterapkan untuk perusahaan listrik tenaga surya baik untuk industri maupun sekala rumah tangga.

Jika diterapkan di kampus UNNES ini sangat cocok sekali untuk inovasi energi karena UNNES merupakan universitaskonservasi mengurangi penggunaan energi yang bersum berdari listrik PLN digantikan dengan tenaga matahari.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


4 × two =