Pelaksanaan Pengabdian Media Pembelajaran Inovatif oleh Mahasiswa Matematika

Lima mahasiswa jurusan matematika peraih pendaaan Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian kepada Masyarakat melaksanakan kegiatan pengabdian di MI Roudlotul Huda Semarang. Kelima mahasiswa adalah Rif’an Kristiawan, Alviyatun Ni’mah, Rokhaniyah,  Fitriyani Panca Suraya, dan Wahyu Prasojo dibawah bimbingan dosen Bambang Eko Susilo, S.Pd., M.Pd.

Adapun media yang diciptakan berupa Wayang Bungkus (Wayang Bangun Ruang Kardus). Ketua tim Rif’an Kristiawan mengungkapkan “ Media Wayang Bungkus merupakan media konservatif karena berbahan dasar kardus, untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap bentuk-bentuk transformasi dan sifat-sifat bangun ruang dengan keistimewaan dibuat dalam tiga bentuk sesuai teori belajar Bruner yaitu enaktif, ikonik, dan simbolik”.

Kegiatan pengabdian yang dilakukan adalah pentas tim pelaksana, dan pentas siswa menggunakan media Wayang  Bungkus, serta pembelajaran saintifik menggunakan media Wayang Bungkus. Objek pengabdian adalah 36 siswa kelas IV MI Roudlotul Huda Semarang.

Kegiatan tersebut berhasil membuat siswa tertarik dan berperan aktif dalam pembelajaran matematika serta berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap bentuk-bentuk transformasi dan sifat-sifat bangun ruang.

Ketua Jurusan Matematika Drs. Arief Agoestanto, MSi. mengapresiasi kegiatan tersebut, dan bersedia membantu kebutuhan tim untuk melaksanakan kegiatan secara maksimal agar dapat lolos ke PIMNAS.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


five + five =