Tim PKM-M dari Jurusan Matematika Melaksanakan Pengabdian Media Pembelajaran Inovatif Untuk Siswa Autisme

Tim PKM-M penerima hibah Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian kepada Masyarakat dari jurusan matematika melaksanakan pengabdian di Sekolah Luar Biasa Hj. Soemiyati Himawan Semarang. Tim ini beranggotakan lima orang yaitu Rithia Damarratih, Siti Nurzulifa, Dini Hastiningrum, Nur Indah Dwi Gustyarini, dan Fina Asriani dibawah bimbingan dosen Dr. Walid, S.Pd., M.Si.

Media pembelajaran yang diciptakan bernama “Math Pop Up Comic Book” berupa buku komik yang dikombinasikan dengan pop up. Media ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa autisme terhadap bangun datar dan bangun ruang. Ketua tim Rithia Damarratih mengungkapkan “Media pembelajaran ini mengacu pada tiga indikator yaitu siswa mampu mengenal, mengelompokkan, dan menggambar bentuk-bentuk bangun datar dan bangun ruang”.

Serangkaian kegiatan pengabdian yang dilaksanakan yaitu mengajak siswa autisme untuk menyanyi lagu tentang mengenal bangun datar dan bangun ruang, serta pembelajaran menggunakan media ”Math Pop Up Comic Book”. Obyek pengabdian yaitu 10 orang siswa autisme kelas IV SLB HJ. Soemiyati Himawan Semarang.

Kegiatan tersebut berhasil membuat siswa tertarik dan aktif mengikuti pembelajaran serta efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa autisme terhadap bentuk-bentuk bangun datar dan bangun ruang.

Kepala Sekolah dan guru pengampu kelas IV SLB sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan ini. Ibu Wati selaku guru kelas IV mengungkapkan “Saya belum pernah menemukan media pembelajaran matematika seperti buku komik pop up ini. Media ini saya lihat lebih simpel dan menarik, lebih mudah untuk mengajarkannya kepada siswa. Biasanya saya mengajarkan bentuk-bentuk geometri hanya melalui benda-benda yang ada di kelas”.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


fourteen − 10 =