Ekadina Mahasiswa Fisika Mewakili Provinsi Jawa Tengah dalam Kegiatan Indonesian Culture and Nasionalism (ICN) 2018

Indonesian Culture and Nasionalism merupakan sebuah acara kepemudaan berskala nasional yang diselenggarakan oleh Student Board Universitas Prasetiya Mulya. Kecintaan yang mendalam terhadap setiap perbedaan dan budaya di Indonesia, khususnya di bidang pendidikan membentuk ICN menjadi sebuah rangkaian acara yang tediri dari ICN Conference, ICN Festival, dan ICN Food Exhibition. ICN Conference merupakan salah satu rangkaian main-event ICN 2018 yang mendatangkan pemuda-pemudi terpilih dari 34 provinsi untuk mengikuti rangkaian kegiatan selama 4 hari mulai dari tanggal 9 – 12 Mei 2018.

Ekadina Dzawil Ulya merupakan salah satu delegasi mewakili provinsi Jawa Tengah dalam kegiatan tersebut, dengan proyek sosial yang digagaskan yakni pengembangan digital sociopreneur untuk pemuda disabilitas.

Seleksi kegiatan ICN diantaranya adalah mengerjakan studi kasus, mengisi formulir curriculum vitae, dan mengirimkan proposal proyek sosial. Setelah dinyatakan lolos delegasi diwajibkan untuk membuat proposal proyek sosial lengkap dan PPT untuk dipresentasikan.

Pada kegiatan ini 34 delegasi yang mewakili tiap provinsi di Indonesia mengikuti beragam kegiatan seperti Workshop Sociopreneurship, Workshop Effective Presentation Skills, Diskusi Kebangsaan, Presentasi Proyek Sosial, Pembahasan Hasil Diskusi Kebangsaan bersama Komite III DPD RI, Field Trip, dan ICN Festival. Pada ICN Festival, Student Board mengundang pembicara yang luar biasa seperti Ibu Yohana Yembise (Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak), Martin (Pendiri Cameo Project), Vania Fitriyanti Herlambang (Puteri Indonesia Lingkungan) 2018, dan lainnya.

“34 delegasi dibagi menjadi lima bidang diantaranya adalah pendidikan, kewirausahaan, lingkungan,  sosial budaya, dan pendidikan. Kegiatan ini sangat menarik, tidak seperti kompetisi pada umumnya. Selama 4 hari kami mendapatkan banyak ilmu baru, pengalaman, relasi dan koneksi khususnya dalam hal bussiness, pendidikan, dan kepemudaan”. Ujar Dina

Kegiatan yang telah usai ini memberikan semangat baru bagi pada delegasi untuk saling berkolaborasi untuk memberikan inovasi berupa kegiatan sosial sesuai dengan kompetensi masing-masing.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


eighteen − 14 =