Testimoni Alumni FMIPA di Hiroshima University

Dekan FMIPA Unnes, Prof Dr Zaenuri, SE, MSi, Akt disela-sela kegiatan riset PKLN menemui alumni FMIPA Unnes yg tengah studi master dan PhD di Hiroshima University pada hari Senin, 25 Juni 2018.

Pertemuan dilakukan di rumah Arif Widiyatmoko, MPd, dosen Jurusan IPA Terpadu yg tengah menyelesaikan PhD di Hiroshima University. Berikut testimoni 2 (dua) alumni FMIPA, yakni Resti Andriyani dan Muh Nur Khoiru Wihadi.

Saya Resti Andriyani alumni bidikmisi Unnes Pendidikan IPA lulus tahun 2015. Saat ini saya sedang menempuh studi Master di Hiroshima University, course Educational Development spesifikasi di Science Education dengan beasiswa LPDP. Studi di Jepang memberi banyak pengalaman berharga, terutama saya memahami budaya riset Jepang yg jujur, teliti, dan mendalam. Bekal dari pendidikan IPA S1 FMIPA Unnes sangat bermanfaat selama saya menempuh master di sini. Saya dikenalkan juga pada budaya riset dari berbagai negara, serta mudah menjalin relasi dengan teman-teman internasional.
Mendung menggelayut diatas awan kota Saijo – Hiroshima hari ini (Selasa, 26 Juni 2018), menandakan hujan sebentar lagi turun menyapu sepanjang jalan kota tempat saya merantau belajar jauh ke negeri matahari terbit, Jepang.

Perkenalkan nama saya, Muh. Nur Khoiru Wihadi. Yah, ditempat ini saya membawa amanat rakyat Indonesia melalui beasiswa LPDP untuk “berjihad” menuntut ilmu di Hiroshima University. Sebuah kampus indah, sejuk, hijau dan memiliki budaya akademik tinggi di pinggiran jantung kota Hiroshima. Tidak terasa sudah setahun saya menjejakkan kaki disini sebagai mahasiswa PhD di Catalysis Laboratory, Department of Applied Chemistry, Graduate School of Engineering. Ini berarti tepat 6 tahun saya lulus dari Jurusan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Semarang (UNNES) dengan predikat lulusan terbaik dan di bulan ini pula 7 tahun yang lalu selendang kebesaran sebagai Mahasiswa Berprestasi I (Mapres) FMIPA diamanahkan kepada saya. Meninjau rekam jejak di masa itu saat berstatus sebagai mahasiswa FMIPA UNNES, lingkungan tempat belajar, mimpi dan kebanggaan berhasil memupuk saya hingga ke Jepang. Bekal yang saya peroleh dari Jurusan Kimia FMIPA UNNES sangat bermanfaat sebagai modal awal dalam mengembangkan ilmu, riset dan belajar di Jepang.
Prof Dr Zaenuri, SE, MSi, Akt berharap, testimoni kedua alumni ini dapat menginspirasi dan mendorong mahasiswa utk lebih giat belajar, serta para alumni utk lebih bersemangat mengikuti jejak mereka

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*