PENGENALAN “LAMPU WARNA BERNADA”: LANGKAH KREATIF MAHASISWA BIOLOGI UNTUK MENGEMBANGKAN IMAJINASI IRAMA PENYANDANG TUNA RUNGU

Pengenalan “Lampu Warna Bernada” merupakan rangkaian kegiatan pengabdian yang dilaksanakan di SLB – B Swadaya Semarang oleh tim mahasiswa jurusan Biologi FMIPA UNNES penerima hibah Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tahun 2018.  Mahasiswa yang terlibat adalah Erlinda Afra Maulana, Novita Ayu Lestari, Muhammad Azka Fikri, dan Wahyu Yabuar Rizky. Siswa tuna rungu SLB – B Swadaya yang menjadi bimbingan mahasiswa ada 6 orang yang tersebar dari berbagai tingkatan kelas setara Sekolah Dasar.

“Lampu warna bernada” berbentuk suatu alat hasil simbiosis lampu – lampu berwarna dengan pianika. Setiap nada pada pianika diwakili oleh satu warna. Dengan demikian, siswa tuna rungu akan dapat menikmati keindahan warna yang keluar sebagai ganti alunan musik yang tidak dapat mereka dengar. Indikator awal dari dapatnya mereka menikmati keindahan warna ini adalah dari keaktifan siswa selama kegiatan dan kemampuan siswa dalam memainkan lagu “Ibu Kita Kartini”.

Hasil pengamatan dan lembar kuisioner menunjukkan bahwa keterbatasan pertemuan yang timbul karena siswa masih harus mengikuti pembelajaran materi lain serta karena kegiatan ini adalah pertama kalinya siswa dapat memainkan pianika, membuat mereka belum sepenuhnya menguasai 12 nada dari lagu “Ibu Kita Kartini”. 3 siswa telah mampu memainkan 10 nada dengan baik, tetapi 3 yang lain hanya mampu memainkan 5 nada saja. Namun demikian, keseluruhan siswa tampak antusias dalam belajar musik dengan “Lampu Warna Bernada”. Mereka menyatakan bahwa alat yang dibuat dapat membantu mereka dalam belajar alat musik serta bahwa kegiatan ini sebaiknya dilaksanakan kembali. Lebih lanjut, kepala sekolah dan guru kelas sangat mendukung keberlangsungan kegiatan ini dan tidak akan menutup diri jika ada kegiatan lain yang sejenis.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


3 × 2 =