Amalia Tristiana, alumni Biologi FMIPA UNNES menjadi guru Science di Thailand

Saya Amalia Tristiana alumni Biologi Unnes angkatan 2012, dan saya lulus bulan maret 2018. Saat ini saya menjadi seorang guru di salah satu sekolah swasta di Thailand. Tempat saya bekerja yaitu Bannrodfai School,  tepatnya di Kota Pattaya, provinsi Chon Buri, Thailand. Sekolah ini merupakan sekolah swasta yang memiliki kelas internasional, siswa dan guru berasal dari berbagai negara baik dari Asia Tenggara, Arab, Eropa, maupun Afrika. Saya mengajar Science di kelas 7, 8 dan 9, saat ini saya menjadi advisor untuk siswa kelas 7.

Saya sudah bekerja disini sejak bulan mei 2018. Saya merasa bangga dapat menjadi guru dari Indonesia dan mengajar siswa dari berbagai macam negara. Tentunya ilmu yang saya dapat selama belajar di jurusan Biologi FMIPA Unnes dapat saya aplikasikan dalam mengajar disini, dan akan saya berikan kepada anak-anak dari berbagai negara.

Sistem pendidikan di Thailand tidak jauh berbeda dengan Indonesia, yaitu menerapkan pembelajaran 6 tahun untuk pendidikan dasar, 3 tahun untuk pendidikan menengah dan 3 tahun untuk jenjang menengah atas. Kurikulum yang saya gunakan untuk mengajar adalah “the basic education core curiculum B.E 2551 (A.D 2008)  sesuai dengan kurikulum dari kementrian pendidikan Thailand. Strategi pembelajaran sains menggunakan BSCS 5E sesuai dengan kurikulum internasional. Dalam startegi ini, guru harus menerapkan 5E yaitu Engage, Explore, Explain, Elaborate, and Evaluate. Suatu keberuntungan bagi saya, karena sudah pernah belajar mengenai strategi ini selama menuntut ilmu di kampus MIPA UNNES.

Terimakasih kepada bapak ibu dosen khususnya Jurusan Biologi, FMIPA, Unnes untuk semua ilmu yang telah diberikan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


4 × 4 =