Jurusan Ilkom Selenggarakan Seminar Nasional tentang Computer Vision

semnas_ilkom

Jurusan Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Semarang (UNNES) dengan sukses menyelenggarakan Seminar Nasional Ilmu Komputer (SNIK) tahun 2018 pada hari Sabtu, 13 Oktober 2018 dengan tema “The Future of Computer Vision”. Kegiatan seminar terlaksana di Hotel Horison NJ, Semarang, dengan peserta sebanyak 151 orang yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia.

Sesuai dengan tema yang diusung, SNIK 2018 mendatangkan dua narasumber handal di bidangnya. Narasumber pertama adalah Dr. Sunu Wibirama dari Universitas Gadjah Mada, yang merupakan pakar eye-gaze tracking, peneliti muda yang baru saja (tahun 2017) meraih penghargaan sebagai runner up of Indonesian Young Researcher in Information Technology. Sinergi dengan pembicara pertama, narasumber kedua adalah dr. Rizki Edmi Edison, Ph.D dari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA). dr. Edmi adalah Kepala Pusat Neuroscience di UHAMKA. Kedua narasumber berkolaborasi dalam menyampaikan berbagai riset yang telah dan sedang mereka kerjakan berkaitan dengan computer vision dari sudut pandang ilmu komputer, dan juga dari sudut pandang ilmu kedokteran (syaraf, otak manusia).

Kegiatan SNIK 2018 dibuka oleh Prof. Dr. Sudarmin, M.Si, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FMIPA UNNES. Dalam sambutannya, Prof. Sudarmin menyampaikan apresiasi yang baik atas jerih payah jurusan Ilkom dalam menyelenggarakan SNIK 2018. Kolaborasi dua bidang keilmuan (Ilmu Komputer dan Kedokteran) sangatlah penting demi kemajuan bangsa. Beliau berharap seminar ini dapat tetap terselenggara rutin setiap tahunnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


4 × 4 =