Dua peneliti dari NIE Singapore dan UNNES menjadi Pembicara Utama dalam Seminar Nasional Matematika XII 2018

Sebuah agenda rutin tahunan kembali diselenggarakan oleh Jurusan Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika yang keduabelas diselenggarakan di Ruang Seminar Gedung Dekanat FMIPA UNNES pada tanggal 20 Oktober 2018 dengan tema “Penguatan Pemecahan Masalah dan Literasi Matematis Menghadapi Era Disrupsi”. Sesuai dengan temanya, dua pakar pada bidang tersebut diundang sebagai pembicara utama dalam seminar ini, yaitu Assoc. Prof. Toh Tin Lam, peneliti yang tertarik pada area Problem Solving dari National Institute of Education – Nanyang Technology University (NIE-NTU) Singapura dan Dr. Wardono, M.Si., peneliti yang menekuni bidang literasi matematis dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) Indonesia.
Seminar ini diadakan sebagai forum untuk berbagi pengetahuan dan hasil penelitian dalam bidang matematika dan pendidikan matematika. Harapannya, seminar ini akan mendorong dan memfasilitasi para ilmuwan, guru, dan akademisi matematika dan pendidikan matematika untuk menyampaikan hasil penelitian mereka pada bidang masing-masing. Dr. Nuriana Rahmani Dewi Nino Adhi, M.Pd melaporkan bahwa 327 orang hadir sebagai peserta dan pemakalah dalam seminar ini yang berasal dari 21 instansi di 17 propinsi di Indonesia.
Sebelum paparan oleh kedua pembicara utama, Drs. Suhito, M.Pd., seorang Dosen Senior di Jurusan Matematika UNNES yang akan memasuki masa purnabhakti juga memberikan sebuah ceramah singkat sekapur sirih dan me-launching empat buku karya beliau yang telah ditulis bersama beberapa dosen matematika UNNES. Seminar yang dimulai pukul 08:30 ini dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Dra. Dwi Yulianti, M.Pd didampingi oleh ketua Jurusan Matematika, Drs. Arief Agoestanto, M.Si. Seminar ini terdiri dari dua agenda utama, yaitu sidang pleno yang dimoderatori oleh Dr. Tri Sri Noor Asih, M.Si. dan sidang parallel dimana para pemakalah mempresentasikan makalahnya hingga berakhir pukul 16.30.
Penyelenggaraan seminar ini juga didukung oleh Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) UNNES. Pendamping HIMATIKA, Dian Tri Wiyanti, S.Si., M.Cs. menyampaikan bahwa inisiatif ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan akademis mahasiswa sekaligus pengalaman dalam menyelenggarakan kegiatan akademik. Para mahasiswa terlibat dalam serangkaian persiapan dan penyelenggaraan seminar hingga terlibat langsung dalam memfasilitasi pelaksanaan presentasi dan diskusi ilmiah di tiap-tiap ruang sidang parallel.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


nineteen + 7 =