Opening Kajian Mahasiswa FMIPA; Jadi Aktivis Mantap, Prestasi Hebat, dan Rohani Kuat

46e5d6ef-3eb7-46d1-bfa3-82c678cb1dd3Forum Mahasiswa Islam (FMI) FMIPA Unnes dan Lembaga Kerohanian Islam tingkat jurusan, bekerja sama dengan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) FMIPA Unnes serta Students Scientific Center (SSC) FMIPA Unnes menyelenggarakan Opening Kajian Mahasiswa FMIPA pada selasa sore (12/3/2019) di Selasar Gedung D9.

Opening Kajian Fakultas sebagai pembukaan kajian Islam pekanan yang selanjutnya akan diadakan setiap Selasa sore, diselenggarakan oleh Kerohanian Islam se-MIPA.

Sesuai dengan tema yang diangkat, Jadi Aktivis Mantap, Prestasi Hebat, Rohani Kuat, opening kajian tersebut menghadirkan Dosen Muda IPA Terpadu Unnes, Prasetyo Listiaji, S.Pd., M.Sc., yang merupakan alumni mahasiswa Jurusan Fisika Unnes, Presiden Mahasiswa BEM KM Unnes 2014, juga merupakan alumni Forum Kajian Islam Fisika.

Acara Opening Kajian Fakultas ini dihadiri oleh lebih dari 100 mahasiswa FMIPA, baik dari lembaga kemahasiswaan yang menyelenggarakan maupun mahasiswa FMIPA secara umum.

Pembicara menyampaikan pengalamannya selama duduk di bangku perkuliahan dan tips untuk mahasiswa agar seimbang antara organisasi, akademik, dan spiritual.

Menurut Prasetyo Listiaji, S.Pd., M.Sc., antara organisasi dan akademik harus seimbang. “Jangan sampai organisasi mengganggu kuliah, atau sebaliknya kuliah mengganggu organisasi”, papar beliau.

Selain itu, pembicara juga menyampaikan pentingnya pembinaan ruhiyah atau spiritualitas diri. “Nahnu du’at qobla kulli syai’, kita dai sebelum apapun”, sembari menyampaikan kisah beberapa orang yang dengan kesibukannya tetap berdakwah.

Beberapa tips dari beliau adalah maksimalkan kuliah di kelas, bangun relasi atau jaringan yang banyak, ikuti kajian-kajian keagamaan, dan buatlah skala prioritas untuk setiap urusan-urusan yang akan dilakukan.

Adanya kegiatan atau acara di FMIPA yang terkait dengan keislaman, merupakan salah satu perwajahan visi FMIPA religius, yaitu terciptanya lingkungan FMIPA yang tertanam nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan di kampus.

Opening Kajian Fakultas ini harapannya mampu mendorong mahasiswa muslim FMIPA untuk semangat mengikuti kegiatan-kegiatan keislaman, baik yang sudah difasilitasi oleh lembaga di FMIPA maupun yang lainnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


17 − 14 =