Indofod Buka Peluang Penelitian Pangan Bagi Mahasiswa Unnes

Untuk menumbuhkan dan mendorong  mahasiswa menggali potensi sumber daya pangan di Indonesia, Universitas Negeri Semarang bekerja sama dengan Indofood Sukses Makmur TBK menyelenggagaran Program Indofood Research Nugraha (IRN)  dengan tema “Pengembangan Sistem Pangan berkelanjutan berbasis Potensi dan Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kesehatan” di Gedung Prof Soedartono Dekanat Fakultas Teknik  UNNES, Kamis, (11/4).

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FT UNNES Dr Wirawan Sumbodo MPd mengatakan, potensi sumber daya pangan di Indonesia sangat beragam. Diperlukan penelitian yang komprehensif tentang potensi pangan untuk mendukung kemandirian pangan. Mahasiswa UNNES diharapkan dapat memanfaatkan  peluang penelitian pangan dengan mendaptakkan pendanaan dan pendampingan dari IRN.

“Keanekaragaman pangan hasil bumi di Indonesia menjadi potensi kekuatan bangsa. Potensi sumber daya  keanekaragaman pangan perlu diteliti untuk mendukung kemandirian pangan di Indonesia. Hasil-hasil penelitaan diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan kesehatan dan taraf hidup warga Indonesia. Mahasiswa UNNES diharapkan dapat memanfaatkan  peluang penelitian pangan dengan mendaptakkan pendanaan dan pendampingan dari IRN ini,” kata Dr Wirawan Sumbodo

Indofood Research Nugraha menghadirkan narasumber Prof Ambariyanto MSc dari Undip dan  Prof Budi Prasetyo Widyobroto dari UGM. Mahasiswa dari berbagai  Progam Studi di UNNES antusias mengikuti  program tersebut. Selain dari UNNES turut hadir mahasiswa dari  Undip, Poltekes, Unika, Upgris, dan UIN Walisongo.

Dikatakan oleh Prof Ambariyanto,  bidang-bidang yang menjadi cakupan penelitian Indofood Research Nugraha yaitu bidang produksi (agro teknologi), teknologi (panen, pasca panen, dan pengolahan),  kesehatan dan gizi mayarakat serta sosial ekonomi dan budaya. Usulan program penelitian mahasiswa harus memenuhi kaidah dalam penulisan sesuai panduan yang ada sebagai seleksi admisnistrasi yang pertama.

Menurut Direksi PT Indofood Sukses Makmur TBK, program IRN sudah dimulai sejak tahun 2006. Penerima Dana IRN akan mendapat pendampingan oleh tim pakar IRN. Indofood Riset Nugraha (IRN) merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) yang mulai digulirkan tahun 2006. Program kegiatannya berupa pemberian bantuan dana penelitian kepada para mahasiswa S-1 guna penyelesaian tugas akhir/skripsi. Melalui program ini Indofood memiliki akses untuk berdialog dengan dunia pendidikan tinggi dan mendorong dihasilkannya visi dan teknologi yang terbarukan di bidang pengolahan pangan melalui para peneliti muda di berbagai disiplin ilmu. Muara dari bantuan dana penelitian ini untuk mendukung program Pemerintah dalam hal ketahanan pangan nasional melalui diversifikasi pangan berbasis komoditas lokal.

Informasi tentang program Indofood Riset Nugraha dapat diakses pada laman .www.indofoodrisetnugraha.com.

PL: Humas FMIPA

Indofod Buka Peluang Penelitian Pangan Bagi Mahasiswa

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


five × 3 =