Avidia Sarasvati, Alumni Prodi Pendidikan IPA FMIPA Unnes, Raih Beasiswa Double Degree ke Negeri Sakura

bcdee27c-c190-413b-86bf-8667f0a8d173

Beasiswa Double Degree diraih oleh salah satu alumni Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Negeri Semarang (Unnes) bernama Avidia Sarasvati.

Saras, sapaan akrabnya, mendapatkan kesempatan emas menimba ilmu master di dua universitas yaitu Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Prodi Pendidikan IPA dan Hiroshima University, Graduate School for International Development and Cooperation (IDEC), divisi Educational Development, and Culture and Regional Studies Jurusan Pendidikan IPA. Dua gelar master akan dinobatkan yaitu M.Pd. (Master Pendidikan) dan M.Ed. (Master of Education) selama kurun waktu 3 tahun dengan menyelesaikan dua tesis.

“Perjuangan mendapatkan beasiswa tidak semudah yang dilihat orang ketika sudah mendapatkanya, namun yakin Allah akan memberikannya pada waktu yang tepat” tegas Saras karena dia pernah mendaftarkan diri beasiswa master selama empat kali namun belum berhasil. Terdapat tiga tahapan yang telah Saras lalui untuk mendapatkan Progam Double Degree ini yaitu seleksi administrasi, wawancara dan teleconference.

Kemampuan berbahasa Inggris tentunya menjadi dasar utama dalam memperjuangkan beasiswa ini namun Saras menegaskan “Jangan pernah minder saat speaking walaupun grammar belum OK, yang terpenting adalah percaya diri dan terus  latihan karena kita bukan lahir di negara native”.

Selain itu proposal tesis juga perlu disiapkan dengan baik saat seleksi teleconference, calon academic supervisor (sensei) akan menguji dengan beberapa pertanyaan. Beberapa prestasi yang pernah didapatkan saat studi S1 yaitu Saras pernah mendapatkan kesempatan menjadi perwakilan progam SIT IN ke Universitas Gajah Mada jurusan Biologi, mendapatkan predikat juara Putra Putri FMIPA Unnes 2014, dan juga pernah mendapatkan beasiswa S1 dari Pertamina Foundation.

Selain itu, Saras juga mencoba membuat dokumentasi mengenai beasiswanya dalam akun youtube Avidia Sarasvati dengan kata kunci “Beasiswa ke Jepang Double Degree”.

PL: Humas FMIPA

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


three + 4 =