Dua Mahasiswa FMIPA Unnes Ikuti Program Saudara Satu Negara di Singapura-Mantang

adiUniversitas Negeri Semarang (UNNES) merupakan kampus yang memiliki tagline Mendunia Untuk Indonesia. Berbagai kegiatan di luarnegeri telah dijalani mahasiswa UNNES, salah satunya lewat program Saudara Satu Negara. Dua mahasiswa FMIPA UNNES, Endang Sulistyowati (Matematika) dan Adi Wahyu Arzanto (Kimia) mengikuti program Saudara Satu Negara (SSN) 3 Special Edition ke Singapura-Mantang. Endang terpilih sebagai salah satu peserta undangan, sedangkan  Adi Wahyu Arzanto kembali ditunjuk sebagai fasilitator program oleh Saudara Satu Negara. Program berbasis pengabdian kepada masyarakat dan pengembangan diri ini diselenggarakan oleh Saudara Satu Negara pada tanggal 25-30 Juni 2019. Serangkaian kegiatan ini berlokasi di dua tempat, yakni Singapura dan Mantang.

Beberapa kegiatan Saudara Satu Negara di Singapura yaitu berkunjung ke Masjid Abdul Ghafur, salah satu masjid tertua di Singapura dengan ciri khas eksterior penuh ukiran hijau dan kuning yang indah dengan jamaah wanitanya yang dipisahkan di ruangan lain. Setelah itu, tim SSN mengunjungi Marina Barrage, URA, UTown, Bugis, Marina Bay Sands, dan Merlion Park. Selain berkunjung ke beberapa tempat tersebut, juga terdapat training community development dengan pemateri Mrs. Vianda dan berbagi pengalaman dari Dzakwan, mahasiswa NTU, terkait kegiatan dari PINTU Peduli.  Sedangkan, kegiatan di Mantang yaitu tim Saudara Satu Negara melakukan pengabdian masyarakat di 3 tempat, yaitu Mantang Lama, Mantang Besar, dan Mantang Baru. Kegiatan tersebut dibagi dalam 4 bidang, yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan lingkungan. Beberapa kegiatan tersebut yaitu dream planner, sosialisasi kenakalan remaja, pohon literasi, PHBS, cek kesehatan (guldar, kolesterol,dan asam urat), dan P2KP.

Bagi Endang, SSN 3 ini merupakan pengalaman pertamanya ke luarnegeri dan ia meerasa senang  dapat berbagi ilmu kepada masyarakat Mantang yang berada di Kepulauan Riau tersebut. Sedangkan bagi Adi, dalam program ini ia merasa sangat bersyukur dapat berbagi ilmu kepada masyarakat Mantang sekaligus menikmati indahnya Indonesia.  Endang dan Adi berharap kegiatan pengembangan diri di luarnegeri dan dalam negeri seperti ini dapat memberikan inspirasi, khususnya mahasiswa FMIPA UNNES untuk senantiasa mengembangkan kemampuan dalam dirinya agar lebih berguna bagi semua. Tetap semangat Mendunia untuk Indonesia

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


seven − four =