Menjadi Keynote Speaker di Thailand, Dosen FMIPA Unnes Serukan Pemanfaatan Online News untuk Pembelajaran

WhatsApp Image 2019-08-10 at 15.48.33

Faculty of Education and Development Sciences, Kasetsart University Thailand (KU) semakin intensifkan kerjasama internasional dengan FMIPA Universitas Negeri Semarang. Dalam bidang pengembangan pendidikan IPA, KU telah menjalin kerja sama selama kurang lebih 3 tahun sejak 2016 dengan FMIPA. Kali ini, KU mengundang Dr Andreas MEd Priyono Budi Prasetyo dari Jurusan Biologi untuk menjadi keynote speaker pada kegiatan the 7th International Conference on Science Educators and Teachers (ISET) di Pattaya, Thailand, Kamis-Jumat (8-9/8) dengan tema Education for Global Sustainability.

Dr Andreas MEd menyampaikan tentang penggunaan berita daring sebagai sumber belajar Biologi untuk meningkatkan literasi lingkungan dan saintifik (Using online news as biology learning resources for promoting students’ environmental and scientific literacies) peserta didik di hadapan ratusan peserta dari asosiasi pengajar IPA di Thailand meliputi guru dan dosen serta mahasiswa calon guru. Sambutan hangat datang dari para audiens yang melontarkan beberapa pertanyaan. “Saya sangat bangga dapat membawa nama UNNES di dalam forum internasional dan sangat senang dengan antusiasme para peserta yang menyambut hangat materi saya” terang Andreas. “Saya berharap akan ada dosen-dosen FMIPA UNNES yang dilibatkan dan berpartisipasi pada kegiatan ISET 2020,” lanjutnya.

Sementara Dekan FMIPA UNNES Dr Sugianto sangat mengapresiasi peran Dr Andreas MEd dalam kegiatan tersebut.  ”Kerja sama antara Kasetsart University dengan FMIPA UNNES mampu memberikan manfaat untuk menjadikan UNNES semakin mendunia dan dosen-dosen FMIPA UNNES sejajar dengan dosen negara lain. Kedepan FMIPA UNNES akan dapat menyelenggarakan joint conference bersama dengan Kasetsart University,” terang Sugianto.

Terpisah Prof Edy Cahyono sebagai Wakil Dekan Bidang 1 FMIPA UNNES mengungkapkan, FMIPA saat ini lebih menitiktekankan pada program intensifikasi dan optimalisasi kerjasama yang telah dilakukan sebelumnya. Karena dari segi kerja sama dengan perguruan tinggi mancanegara, diakui Edy sudah banyak menjalin kerja sama.

”Kedepan FMIPA akan terus memperkuat jalinan kerjasama yang sudah dibangun sebelumnya, khususnya di kawasan Asia Tenggara. Di era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) saat ini kerjasama dengan universitas di ASEAN lebih diutamakan,” pungkasnya.

PL : Humas FMIPA

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


ten − 8 =