Dukung Program SmartCity Kota Semarang, FMIPA UNNES ajak MGMP Matematika SMP implementasikan MathCityMap

math_id

Delapan belas guru matematika SMP Kota Semarang Bersama dosen dan mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNNES mengeksplorasi lingkungan kampus UNNES. Mereka mencari obyek-obyek nyata yang dapat dikaitkan dengan permasalahan matematika kemudian dihubungkan menjadi sebuah rute penjelajahan matematika. Tugas-tugas bertipe pemodelan matematika dan rute jejak matematika tersebut kemudian diunggah kedalam sebuah sistem yaitu MathCityMap Portal. Hasilnya, beberapa rute math trails telah terunggah kedalam system dan dapat diakses oleh siswa maupun masyarakat umum untuk kegiatan belajara matematika di lingkungan sekitar melalui aplikasi smartphone, yaitu MathCityMap App.

Kegiatan tersebut merupakan serangkaian pelatihan mobile math trails yang diselenggarakan oleh Center for Research in Mathematics, Technology, and Education (mathe.id) Jurusan Matematika FMIPA UNNES bekerjasama dengan Institute of Mathematics and Informatics Education (IDMI) Goethe Universität Frankfurt Jerman dan MGMP Matematika SMP Kota Semarang. Kegiatan berlangsung selama 32 jam pelatihan dimulai sejak 4 September 2019. Pelatihan diawali dengan penjelasan umum melalui video conference tentang MathCityMap-Project oleh Project Director, Prof Dr Matthias Ludwig, dari Jerman dilanjutkan dengan praktik secara teknis yang dipandu langsung oleh salah satu MathCityMap Educator yang bersertifikat, Dr rer nat Adi Nur Cahyono M Pd, bersama tim Mathematics Computing Club dan Project Math Club. Kegiatan dilaksanakan di Laboratorium Komputer dan di lingkungan sekitar kampus MIPA UNNES.

Program ini diselenggarakan dengan tujuan menghilirisasi hasil riset perguruan tinggi sehingga dapat dimanfaatkan oleh sekolah-sekolah dan masyarakat umum. Lebih khusus, program ini menjadi salah satu upaya yang dilakukan UNNES dan MGMP untuk mendukung pelaksanaan program SmartCity yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kota Semarang. Ketua MGMP Matematika SMP Kota Semarang, Miftahudin S Pd M Si menargetkan, pelatihan ini akan menghasilkan 18 Rute MathCityMap di Kota Semarang yang didesain oleh masing-masing peserta di lingkungan sekitar sekolah mereka. Guru yang telah menempuh pelatihan hingga mendesain rute math trail mendapatkan sertifikat dari MathCityMap IDMI Goethe Universität Frankfurt Jerman dan Jurusan Matematika UNNES.

MathCityMap merupakan proyek pengembangan math trails yang dikombinasikan dengan pemanfaatan mobile technology yangdidukung oleh fitur GPS. Proyek ini dijalankan oleh The Working Group MATIS I IDMI, Goethe-Universität Frankfurt a.M. dan saat ini telah terdapat sekitar 9300 titik tugas MathCityMap yant tersebar di lebih dari 40 negara. Di Indonesia, MathCityMap telah terdapat di beberapa taman di Kota Semarang, seperti Kawasan Tugu Muda, Halaman Masjid Agung Jawa Tengah, Kawasan Kota Lama, Taman Indonesia Kaya, Kampus UNNES, dan beberapa lokasi lainnya. Selain Semarang, di Indonesia, MathCityMap telah diimplementasikan di beberapa kota, diantaranya di Kota Palu, Kota Padang, Taman Pintar Jogjakarta dengan dukungan Pemkot Jogjakarta, Pulau Telaga Tujuh Aceh, Museum Purbakala Sangiran, dan beberapa lokasi lainnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


2 + 5 =