FMIPA UNNES Mendesiminasikan Tata Kelola Jurnal Bidang Pendidikan

Ketika guru, kepala sekolah, pengawas telah melakukan penelitian, laporan penelitian lebih sering tidak dapat dibaca oleh masyarakat luas karena berhenti pada dokumen laporan. Ada banyak temuan guru melalui penelitian tindakan kelas dan penelitian lain yang hasilnya menarik tetapi sayang tidak dipublikasikan. Tidak sedikit yang bingung harus dipublikasikan kemana, ke seminar atau ke jurnal ilmiah. Pertanyaan berikutnya, jika jurnal ilmiah, jurnal yang mana, karena tidak sedikit yang belum mengenal jurnal apa saja yang sudah terakreditasi nasional, ada dimana jurnal itu dan bagaimana cara mensubmit artikelnya. Berbagai pertanyaan tersebut yang kemudian melatar belakangi beberapa dosen yang memiliki pengalaman mengelola jurnal ilmiah di FMIPA Universitas Negeri Semarang ingin mendesiminasikan berbagi pengalaman tentang bagaimana cara menyiapkan jurnal agar mendapatkan pengakuan atau akreditasi nasional.

SINTA atau Science and Technology Index yang merupakan satu-satunya rumah jurnal terakreditasi di Indonesia ternyata belum banyak dikenal di kalangan pendidik di sekolah. Masih banyak yang belum mengetahui ada berapa jurnal dan apa saja nama jurnal yang terakreditasi nasional sampai hari ini. Kegiatan dimulai mengenalkan SINTA, menjelaskan persyaratan minimal yang harus dimiliki jurnal untuk didaftarkan akreditasi melalui ARJUNA (Akreditasi Jurnal Nasional) menjadi bagian awal yang disampaikan dalam kegiatan pengabdian masyarakat tim dosen yang diketuai oleh Dr. Parmin, M.Pd. Peserta yang hadir dari perwakilan Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengah, Kanwil Kementerian Agama Propinsi Jawa Tengah, dan perwakilan dari Dinas Pendidikan kabupaten/Kota yang juga melakukan kroscek terhadap jurnal-jurnal yang sudah dikelola selama ini dan ternyata tidak terdaftar di SINTA. Status akreditasi beberapa jurnal era cetak, pada saat itu memiliki ISSN cetak atau p-ISSN, saat ini tergantikan dengan dengan e-ISSN atau jurnal elektronik. Peserta kegiatan terbuka wawasan tentang persyaratan jurnal untuk diajukan akreditasi.

Dalam sambutannya, Dr. Sugianto, M.Si. selaku Dekan FMIPA menyampaikan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan sasaran pengelola jurnal di lingkungan dinas pendidikan dan kementerian agama sebagai wujud kepedulian lembaga atas kebutuhan publikasi guru, kepala sekolah, dan pengawas khususnya di Jawa Tengah. Harapannya kegiatan ini ditindaklanjuti oleh pengelola jurnal yang ada di propinsi maupun kabupaten/kota untuk segera menyiapkan jurnal yang ada untuk diakreditasi nasional. Lebih lanjut Dekan menyampaikan kegiatan pengabdian ini dilakukan oleh tim pengelola jurnal yang sebelumnya berhasil meraih penghargaan di SINTA Awards untuk kategori Jurnal Terbaik Nasional yang diselenggarakan Kemristekdikti pada 12 September 2019 di Jakarta.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


fourteen + fourteen =