Jurusan IPA Terpadu sukses selenggarakan Environmental and Science Education International Webinar Series #1

IMG-20200529-WA0024Jumat, 29 Mei 2020 Jurusan IPA Terpadu UNNES menyelenggarakan Webinar Series untuk kali pertama, sama halnya dengan jurusan-jurusan lain di FMIPA jurusan IPA Terpadu juga mengadakan kegiatan akademik dimasa pandemi ini. Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 – 11.00 WIB. Webinar series yang diselenggarakan jurusan IPA Terpadu ini dinamakan Environmental and Science Education International Webinar Series #1 (ESEIWS #1).

Pandemi covid-19 ini menjadikan seluruh warga UNNES, khususnya Jurusan IPA, yang selama ini Bekerja Dari Rumah (Work From Home) agar tetap produktif dan mulai menerapkan kebijakan Kenormalan Baru (New Normal). Mengusung tema “STEM Education”, ESEIWS #1 menghadirkan dua pembicara dari luar negeri. Pembicara pertama dari University of the Philippines Los Banos, Dr. Greg Tabios Pawilen, menjelaskan mengenai “Reconstructring STEM Education for the New Normal”. Beliau menjelaskan beberapa perubahan yang terjadi pada pembelajaran STEM, terutama akibat dari pandemi covid-19 ini. Perubahan dari papan tulis ke komputer, buku teks ke modul online, ujian berbasis performa, kolaborasi virtual, serta kreatifitas.

Pembicara kedua merupakan seorang kandidat PhD dari Hiroshima University Japan, Kao Sovansophal. Beliau menjelaskan mengenai “STEM Education & Longitudinal Study in Education Research”. Beliau menjelaskan 3 model analisis pada penelitian pendidikan, pertama adalah “SEM (Structure Equation Models) direct and indirect”. Kedua adalah Multilevel analysis (Hierarchy Linear Modeling), dan ketiga adalah Event History Analysis.

Antusias masyarakat sains sangat besar dibuktikan dengan penuhnya 150 kuota ketika pendaftaran dibuka dalam waktu 1 jam saja. Hingga H-1, pendaftar bahkan sudah tercatat 613 orang dari berbagai provinsi di Indonesia, serta dari beberapa negara seperti Thailand, Jepang, India, Kamboja, Filipina. ESEIWS #1 dilaksanakan pukul 09.00-11.00 WIB melalui platform Zoom dengan peserta aktif lebih dari 200 peserta dari awal hingga akhir. Sedangkan pendaftar yang tidak dapat kuota, ESEIWS #1 juga menayangkan webinar ini secara langsung via Youtube Live.

Arif Widiyatmoko, Ph.D. in Edu. sebagai moderator pada webinar ini telah menyampaikan pengantar dan menjembatani tanya jawab antara pembicara dengan peserta yang sangat baik.

Selanjutnya, Jurusan IPA Terpadu juga akan melaksanakan ESEIWS #2 yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 2020 dengan tema Lingkungan. Untuk info lebih lanjut dapat mengikuti di seluruh sosial media Jurusan IPA.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


13 + 15 =