Education Talk Bertajuk “Square the Circle of Next Education” Sukses Digelar

IMG-20200823-WA0021

Webinar Education Talk (22/8) Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer UNNES telah sukses melaksanakan kegiatan Web Seminar(Webinar) dengan pembahasan utama adalah Pendidikan Tingkat Lanjut dan Pendidikan Luar Negeri. Pada Webinar kali ini terdapat empat narasumber dengan topik pembahasan masing-masing yaitu Dr. Ferda Ernawan, Zaenal Abidin, Ph.D, Yuvarani Ganesan dan Sahda Armandiva Usman. Masing-masing merupakan dosen dan mahasiswa yang berasal dari Universiti Malaysia Pahang (UMP, Malaysia) dan Universitas Negeri Semarang (UNNES, Indonesia). Kegiatan dilaksanakan melalui Zoom Meeting dengan peseta mengakses siaran langsung di Youtube Ilmu Komputer Unnes dan dimulai pada pukul 09.00 WIB. Yang turut serta hadir dalam kegiatan adalah Dr. Sugianto yang juga bertindak sebagai Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Dr. Alamsyah sebagai Ketua Jurusan FMIPA UNNES serta dosen-dosen dari jurusan lain yang bersama-sama diundang dalam kegiatan.

Kegiatan yang dilaksanakan pada pagi hari ini dimulai dengan doa bersama-sama dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan acara oleh Dr. Sugianto selaku Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNNES. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa dalam setiap langkah kita terdapat bagian-bagian penting dari tri dharma perguruan tinggi. Dan tentunya yang selalu kita upayakan disini adalah bagaimana tri dharma perguruan tinggi tersebut dapat menjadi bagian dari kegiatan kita. Di samping itu, agar tetap di agendakan mengenai pengabdian dan kegiatan-kegiatan kompetisi agar mahasiswa-mahasiswa FMIPA UNNES pada khususnya mampu untuk bersaing di era global seperti sekarang ini.

Pada kegiatan tersebut, sebagai Narasumber pertama Dr. Ferda memaparkan mengenai standar-standar pengetahuan dasar yang perlu dimiliki mahasiswa agar bisa melanjutkan kependidikannya, terutama di UMP, Malaysia. Tentu secara garis besar bahwa semakin tinggi keinginan untuk terus berkembang maka akan semakin tinggi pula peningkatan kualitas sumber daya manusianya. Dan UMP memiliki passing grade yang tentu sangat bisa untuk dijadikan sebagai salah satu kampus studi tingkat lanjut. Kedepannya beliau juga berharap agar UNNES dan UMP tidak hanya berkolaborasi mengenai kependidikan pada Jurusan Ilmu Komputer saja, melainkan bisa lebih luas dan saling mendukung satu sama lainnya.

Pada sesi selanjutnya adalah pemaparan materi oleh Zaenal Abidin, Ph.D. Dimana pada kesempatan sesi ini dipaparkan mengenai persiapan studi tingkat lanjut yang tentunya diberikan pemahaman mendasar terlebih dahulu mengenai perkembangan dan kesiapan UNNES dalam fokus studi tingkat lanjut tersebut. Selain itu, diberikan juga suatu kuisioner yang bersifat real-time guna mengetahui persentase peserta yang mengikuti kegiatan dari segi mahasiswa Indonesia maupun Luar Negeri. Yang mana ini memberikan kesan tersendiri kepada peserta yang tentunya dapat berinteraksi langsung berkaitan dengan acara.

Pada sesi ketiga yaitu sesi Sharing Mahasiswa yang pernah mengikuti Study Exchange. Yang tentunya dilibatkan disini adalah Yuvarani dan Sahda Armandiva. Keduanya menyampaikan mengenai pengalaman masing-masing ketika beradaptasi mengenai pembelajaran di Indonesia dan Malaysia. “Terlihat menyenangkan namun tentunya ini akan meningkatkan rasa disiplin dan kemandirian mahasiswa. Karena meskipun sedih tentunya kan, rindu terhadap keluarga dirumah apalagi di keadaan pandemi seperti ini, tapi kita memang harus tetap berusaha sebaik mungkin” ujarnya. Bagi Yuvarani tentu begitu juga, tidak terlalu sulit untuk beradaptasi di Indonesia dan tentu dapat semakin meningkatkan pengalaman diri sendiri. Hal ini menjadi pemupuk terhadap mahasiswa-mahasiswa yang ingin melanjutkan tingkat lanjut terutama di luar negeri.

Kemudian pada sesi terakhir, yaitu sesi Tanya Jawab. Dimana pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan kepada Narasumber adalah pertanyaan yang telah dihimpun dalam form pendaftaran kegiatan dan dari komentar selama kegiatan di Live Streaming YouTube Ilmu Komputer Unnes. Terdapat puluhan pertanyaan spesifik yang ditanyakan oleh peserta dan diajukan kepada masing-masing narasumber, dan tentu seluruh pertanyaan yang diajukan dipilih untuk diajukan kepada narasumber bersangkutan. Di sela-sela sesi tersebut juga terdapat candaan-candaan ringan agar pembahasan semakin menyenangkan namun tetap terarah. Hal ini tentu membuat tujuan kegiatan semakin jelas sehingga selain untuk mencapai kualitas pendidikan lebih baik beserta persiapannya, kiat-kiat untuk melanjutkan studi tingkat lanjut atau di luar negeri juga didapatkan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*