OPTIMALISASI FUNGSI LABORATORIUM DI JURUSAN BIOLOGI SEBAGAI RINTISAN UNIT USAHA BISNIS

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat UNNES telah melaksanakan serangkaian kegiatan pengabdian masyarakat pada minggu terakhir di bulan Agustus 2020. Menurut Dr Aditya Marianti, M.Si dosen jurusan Biologi FMIPA UNNES selaku ketua kegiatan PkM ini , tujuan kegiatan ini untuk mengoptimalkan fungsi laboratorium fisiologi hewan khususnya dan laboratorium biologi pada umunya sebagai rintisan unit bisnis laboratorium.

IMG-20200829-WA0015

Adapun kegiatan yang sudah dilaksanakan adalah tanggal 24 Agustus 2020 adalah workshop  pembuatan media promosi laboratorium berbasis online dengan menggunakan aplikasi Canva diikuti oleh dosen-dosen koordinator sub lab di laboratorium Biologi, tendik dan asisten mahasiswa. Tanggal 25 dan 26 Agustus 2020 dilaksanakan pelatihan praktek penanganan hewan percobaan bagi teknisi dan dosen diikuti oleh 29 peserta berasal dari  10  perguruan tinggi PTN dan PTS di Semarang dan Kab, Semarang yaitu UIN Walisongo, UNDIP, UNIKA , Unissula, UPGRIS,  Universitas Ngudi Waluyo, UNIMUS, UNWAHAS, dan Poltekes  Kemenkes, dengan instruktur dosen, tendik dan dibantu asisten mahasiswa anggota tim PkM.

Kegiatan ini sekaligus juga dimanfaatkan untuk promosi produk dan jasa yang dihasilkan  laboratorium Fisiologi Hewan kepada calon konsumen potensial. Pelatihan dilaksanakan secara offline di  laboratorium Biologi FMIPA UNNES dengan menerapkan protokol kesehatan. Pelatihan ketiga adalah workshop online manajemen usaha laboratorium diikuti oleh kepala laboratorium di lingkungan FMIPA, koordinator sub laboratorium di labortorium Biologi, tendik laboratorium, dan guru-guru perwakilan MGMP.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*