PUSAT KAJIAN INOVASI PEMBELAJARAN SAINS DAN MATEMATIKA SELENGGARAKAN WEBINAR BERTAJUK INOVASI DALAM PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN MIPA

Semarang (03/09/2020) Salah satu pusat kajian di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam menyelenggarakan webinar dengan tajuk “Inovasi dalam Penelitian dan Pembelajaran MIPA”. Acara yang berlangsung secara daring melalui platform Zoom Meeting tersebut menghadirkan tiga pembicara sekaligus Dr Sigit Saptono MPd dari jurusan Biologi, Prof Dr Wiyanto MSi dari Jurusan Fisika, dan Dr rer nat Ady Nur Cahyono M.Pd dari Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Dalam sambutannya Dekan FMIPA Dr Sugianto menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan webinar adalah memfasilitasi pertukaran informasi terkait perkembangan isu pembelajaran Matematika dan IPA berangkat dari hasil PISA terkait literasi sains dan matematika yang dapat dijadikan indikator dini untuk melakukan perubahan Pendidikan di era revolusi industri 4.0 saat ini. Bedasarkan rekap pendaftaran peserta webinar selain bersal dari daerah Jawa Tengah dan DIY juga hadir dari Jawa Timur, Jawa Barat, Jakarta, Cirebon, Sorong, Pare-pare, Halmahera, Palembang, Haluoleo dan Sulawesi dengan jumlah peserta yang join sebanyak 246 orang.

Pada kesempatan itu Dr Sigit Saptono MPd menyajikan materi tentang Learning Progression dalam Pembelajaran IPA. Menurut Dr Sigit Saptono MPd memberikan hal kecil dan bermakna bagi proses belajar peserta didik akan lebih baik dari pada memberikan hal besar tetapi sebenarnya peserta didik belum belajar. Sebagai guru atau dosen sangat penting dalam kegiatan pembelajaran untuk selalu memberikan feedback kepada siswa atau mahasiswa. Pemateri kedua Prof Dr Wiyanto MSi menyajikan materi tentang Tren Penelitian Pendidikan MIPA. Prof Wiyanto merekomendasikan bahwa penelitian ataupun penulisan karya ilmiah sebaiknya mengikuti tren yang ada saat sekarang, karena kita akan lebih mudah dalam menghasilkan novelty dan mudah mengungkapkan state of the art tulisan atau paper kita. Pembicara ketiga Dr rer nat Ady Nur Cahyono MPd menyajikan materi tentang Teknologi dalam/ untuk Inovasi Pendidikan Matematika. Dr Ady menyampaikan bahwa sangat penting mengintegrasikan teknologi pada Pendidikan matematika maupun IPA dengan berkembangnya literasi baru yaitu literasi data dan literasi teknologi yang menuntun siswa atau mahasiswa untuk menguasai konpetensi penting abad ini yaitu komputasional thinking. Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 09.00 WIB sampai 12.00 WIB itu berlangsung lancer dan diikuti antusial oleh peserta yang menyampaikan pertanyaan saat sesi tanya jawab. (M Taufiq)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*