Dikemas Secara Daring, ICMSE 2020 Sukses Digelar

ICMSESelasa (6/10) FMIPA UNNES sukses menggelar agenda tahunannya yaitu International Conference on Mathematics, Science, and Education (ICMSE), yang sudah memasuki tahun ketujuh. ICMSE ketujuh ini digelar secara daring karena krisis COVID-19 yang masih melanda. Panitia mengambil langkah ini untuk menjaga keselamatan baik penyelenggara maupun peserta konferensi. Prof Dr Dyah Rini Indriyanti, M P selaku ketua ICMSE melaporkan bahwa konferensi ini diikuti lebih dari 300 peserta baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Total 18 peserta dari negara lain, yaitu Iran, Rusia, Malaysia, Thailand, dan Tiongkok turut berpartisipasi dalam konferensi ini. “Hal ini merupakan sisi positif dari pandemik COVID-19, dimana konferensi daring ini dimanfaatkan oleh peserta dari negara lain,” ujar Prof Dyah. “Dengan konferensi daring ini, peserta dari luar negeri tidak perlu mengeluarkan banyak pengeluaran untuk transport dan akomodasi,” tambahnya.

Kegiatan ICMSE dibuka secara resmi oleh Rektor UNNES, Prof Dr Fathur Rokhman, M Hum. Rektor dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi atas penyelenggaran konferensi internasional yang mengusung tema “Accelerating Innovative Research from Laboratory to Industry”. Dalam kesempatan ini, Rektor juga memberikan wawasannya tentang konsep penguatan perguruan tinggi dalam perspektif UNNES.

Pada konferensi kali ini, panitia mengundang lima pembicara dari luar negeri, yaitu Asst. Prof. Aditya P. Adireja, Ph.D dari University of Arizona, Amerika; Asst. Prof. Dr. Chalongrat Daengngam dari Prince of Songla University, Thailand; Assoc. Prof. Stephane Bressan dari National University of Singapore, Singapura; Assoc. Prof. Ch. M. Dr. Roswanira Abdul Wahab dari Universiti Teknologi Malaysia, Malaysia; dan Prof. Dr. Ir. Amin Retnoningsih, M.Si dari Universitas Negeri Semarang, Indonesia.

Kegiatan ini diakhiri dengan sesi paralel yang menjadi media bagi para dosen, praktisi, dan peneliti untuk mendiseminasikan hasil – hasil penelitian mereka. Makalah yang diterima dan telah dipaparkan akan dipublikasikan di dalam prosiding terindex Scopus.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


13 − four =