1. Deskripsi
    • Pusat kajian ini akan mengkaji, mengeksplorasi, merekontruksi pengetahuan masyarakat  yang terkandung dalam budaya, etika, moral, dan nilai luhur suku bangsa dan kearifan lokal budaya bangsa Indonesia yang mengandung konsep ke-MIPA-an yang direkntruksi menjadi pengetahuan ilmiavh (Scientific Knowledge). Hasil rekontruksi pengetahuan ilmiah dikonseptualisasikan, divalidasi, didokumentasikan, dan diintegrasikan dalam perangkat pembelajaran MIPA. Pengembangan desain model, perndekatan, media pembelajran, perangkat pembelajaran dan alat evaluasi, serta kurikulum MIPA menjadi salah satu perhatian dalam pusat kajian ini. Pengujian efektivitas suatu “Produk inovatif”  baik  model pembelajaran, produk software, hardware yang telah dikembangkan dan diseminasikan menjadi bagian terpenting dari pusat kajian ini. Pusat kajian ini juga selalu adaptif dengan perkembangan dan tuntutan pada keadaan diskrupsi di saat ini, sehingga integrasi pembelajaran MIPA berbasis Etno-STEM dapat dpadukan dengan tuntutan pembelajaran di era abad 21 ini.
  2. Struktur Organiasasi
    • Ketua : Prof. Dr. Sudarmin, M.Si.
    • Anggota :
      • Woro Sumarni, M.Si.
      • Langlang Handayani
      • Miranita Khusniati
      • Zaenal Abidin
  3. Hasil Penelitian
    • Rekonstruksi Sains Ilmiah Berbasis Pengetahuan Masyarakat Jawa Sebagai Wahana Susmber Pembelajaran Kimia dan Kemampuan Generik Sains Pengamatan, Konsistensi Logis dan Inferensia Logika Mahasiswa
  4. Kegiatan pada tahun 2020 yaitu mengadakan:
    1. riset terkait pengembangan model pembelajaran Etno-STEM pada uji Bioaktivitas tanaman Taxus Sumtrana
    2. Webinar terkait Pembelajaran Metabolit Sekunder pada Tanaman Hutan Tropis Melalui Model Pembelajaran Inkuiri dengan pendekatan Etno-STEM, yang telah dihasilkan artikel terscopus Periodica.
    3. publikasi  gagasan pikiran mengenai Konservasi Metabolit Sekunder pada Tanaman Hutan Tropis Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terintegrasi Etnosains dan STEM pada Laman Web MIPA