Selasa pagi, 30 Maret 2021, wajah sivitas akademika Universitas Negeri Semarang (UNNES) nampak cerah berseri, tidak lain karena hari ini UNNES genap berusia 56 tahun. UNNES merayakan usianya yang ke-56 ini dengan berbagai kegiatan, dimulai dari Upacara Pembukaan Dies Natalis UNNES ke-56 dengan tema “UNNES Gemilang untuk Indonesia Maju”, pada Senin 8 Maret 2021, sampai dengan puncak dari rangkaian Dies Natalis UNNES ke-56 hari ini yaitu pelaksanaan Upacara Dies Natalis UNNES ke-56, pada Selasa pagi, 30 Maret 2021 dimulai pukul 08.00 WIB – selesai yang diselenggarakan secara Daring dan Luring terbatas.

Pada Upacara Dies Natalis UNNES ke-56 ini Rektor UNNES Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum menyampaikan laporan tahunan, dilanjutkan dengan peluncuran inovasi IT MBKM, Buku Alumni Inovatif, dan Buku Inspirasi Alumni. Rektor juga memberikan Anugerah Konservasi Upakarti Adhikara Cipta Karya Nusantara kepada Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno dan Upakarti Dharma Adhi Sadhana kepada Prof. Dr. KH. Said Aqil Siradj, M.A. Rektor juga memberikan penghargaan kepada alumni UNNES sebagai guru pelopor di daerah 3T.

Dalam Upacara Dies Natalis UNNES ke-56 ini, Mendikbud Nadiem Anwar Makarim B.A., M.B.A. juga memberikan sambutannya, Menparekraf/Ka. Baparekraf RI (Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno) dan Ketua Umum PBNU (Prof. Dr. KH. Said Aqil Siradj, M.A.) menyampaikan orasi ilmiah. Pembicara kunci dalam Upacara ini adalah Bapak Presiden RI Ir. H. Joko Widodo yang disampaikan oleh Bapak Wakil Presiden RI Prof. Dr. (HC) KH. Ma’ruf Amin. Banyak tokoh juga memberikan testimoni dan ucapan selamatnya untuk Dies Natalis UNNES ke-56 ini. Selanjutnya diakhiri dengan doa oleh Dr. (HC) Habib Luthfi bin Ali bin Yahya.

FMIPA UNNES turut menyambut dan memeriahkan Dies Natalis UNNES ke-56 ini, diantaranya dengan diselenggarakannya Webinar Internasional FMIPA 2021 dengan tema “Riset dan Inovasi dalam Pendidikan STEM” pada hari Sabtu kemarin (27/03/21) dan sukses dihadiri lebih dari 1.000 peserta dari dalam dan luar negeri.

Pada hari yang berbahagia ini salah satu mitra FMIPA UNNES juga mengucapkan selamat, Prof. Dr. Paul Pauli Presiden University of Würzburg Jerman memberikan ucapan selamat Dies Natalis ke-56 kepada Universitas Negeri Semarang (UNNES). University of Würzburg adalah salah satu mitra kerja sama FMIPA UNNES, utamanya di bidang akademik. Prof. Dr. Paul Pauli berharap kerja sama dengan UNNES ini tetap berlanjut ke depannya.

Di hari jadi yang penuh berkah dan kebahagiaan ini, Dekan FMIPA Dr. Sugianto, M.Si. dan seluruh keluarga besar FMIPA UNNES mengucapkan: “Selamat dan sukses atas Dies Natalis ke-56 Universitas Negeri Semarang, Dirgahayu Universitas Negeri Semarang, semoga UNNES semakin jaya”.

“Dirgahayu UNNES, Selamat Dies Natalis ke-56, UNNES Gemilang untuk Indonesia Maju”, semoga dengan bertambah usia dan kedewasaan ini, UNNES semakin jaya, bertambah prestasi dan kontribusinya untuk kemaslahatan kehidupan dan umat manusia. Dan semoga Allah SWT senantiasa mencurahkan rahmat, pertolongan, keselamatan, berkah, dan ridlo-Nya untuk kita semua, aamiin.

Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *