Sabtu (24/4/21), Jurusan IPA Terpadu FMIPA UNNES bekerjasama dengan Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII) sukses menyelenggarakan Seminar Nasional IPA XI Tahun 2021 dengan Tema “Inovasi Pembelajaran IPA yang Berwawasan Lingkungan di Masa Pandemi”. Seminar Nasional IPA XI yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting ini sebelumnya didahului dengan Rakornas Kaprodi IPA (PPII) pada hari Jumat, 23 April 2021.

Seminar Nasional IPA XI yang dihadiri sebanyak 432 peserta dengan 134 pemakalah yang berasal dari 19 provinsi ini dibuka secara resmi oleh Dekan FMIPA UNNES Dr. Sugianto, M.Si. Dalam Seminar Nasional IPA XI ini menghadirkan 3 narasumber:

1. Dr. Elisabeth Srihayu Harsanti, S.P., M.Sc. dari Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan)

2. Prof. Dr. Erman, M.Pd. dari Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

3. Arif Widiyatmoko, S.Pd, M.Pd, Ph.D. In Ed. dari Universitas Negeri Semarang (UNNES)

dengan moderator Rifa’ Atunnisa, Ph.D.

Dalam pemaparannya narasumber pertama Dr. Elisabeth Srihayu Harsanti, S.P., M.Sc. menyampaikan materinya yang berjudul “Dukungan Sains terhadap Inovasi Teknologi Pertanian Ramah Lingkungan”. Dr. Elisabeth Srihayu Harsanti, S.P., M.Sc. menjelaskan tentang konsep berwawasan lingkungan, konsep metode ajar IPA saat pandemi, dan model pertanian ramah lingkungan.

Narasumber kedua Prof. Dr. Erman, M.Pd. memaparkan presentasinya dengan judul “Mengamati Lingkungan: Guru Mengamati, Siswa Bertanya”. Prof. Dr. Erman, M.Pd. menjelaskan tentang belajar berwawasan lingkungan, miskonsepsi selama pembelajaran ipa masa pandemi, integrasi lingkungan dalam kurikulum, ketika guru meminta siswa mengamati, dan pergeseran paradigma pembelajaran.

Sedangkan narasumber ketiga Arif Widiyatmoko, S.Pd, M.Pd, Ph.D. In Ed. memaparkan presentasinya dengan judul “Menumbuhkan Karakter Cinta Lingkungan dengan Pengintegrasian Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) dalam Mapel IPA di SMP”. Arif Widiyatmoko, S.Pd, M.Pd, Ph.D. In Ed. menjelaskan tentang apa saja permasalahan lingkungan hidup di Indonesia, belajar pendidikan karakter dari negara Jepang, bagaimana menumbuhkan karakter cinta lingkungan siswa di Indonesia, bagaimana membentuk karaktersiswa, dan framework pengintegrasian PLH dalam Mapel IPA di SMP untuk menumbuhkan karakter siswa yang cinta lingkungan.

Materi lengkap dari kegiatan Seminar Nasional IPA XI ini dapat diunduh dari tautan berikut.

  1. Materi 1 – Dr. Elisabeth Srihayu Harsanti, S.P., M.Sc.
  2. Materi 2 – Prof. Dr. Erman, M.Pd.
  3. Materi 3 – Arif Widiyatmoko, S.Pd, M.Pd, Ph.D. In Ed.

Selamat dan sukses atas terselenggaranya Seminar Nasional IPA XI Tahun 2021 yang telah meneguhkan FMIPA sebagai kampus Inovatif yang Religius, Unggul, dan Bermakna (Re-Uber) dengan visi menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam berwawasan konservasi yang bereputasi internasional. Semoga ilmu yang diperoleh berkah dan bermanfaat.

Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *