20 Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Matematika FMIPA UNNES mengikuti program outbound kuliah di Institute for Mathematics Julius Maximilian-University of Würzburg, Jerman. Ke-20 mahasiswa tersebut telah lolos seleksi, memperoleh beasiswa, dan diterima secara resmi kuliah sebagai hasil program outbound mahasiswa ke luar negeri dengan diperolehnya LoA yang telah disepakati sebelumnya. Hal ini sesuai harapan Prof. Dr. Paul Pauli Presiden University of Würzburg yang sebelumnya memberikan ucapan selamat Dies Natalis ke-56 kepada Universitas Negeri Semarang (UNNES) agar kerja sama dengan UNNES tetap berlanjut.

Dr.rer.nat. Adi Nur Cahyono, M.Pd. sebagai inisiator kerja sama ini menyampaikan bahwa program outbound ini kegiatannya adalah mengikuti perkuliahan 15 unit di bidang Mathematical modelling in micro and macro teaching settings”, mahasiswa mendapat sertifikat dengan bobot 5 ECTS, mempelajari budaya dan ide berdasarkan konteks Jerman dan Eropa. Masing-masing mahasiswa mendapat beasiswa dari Julius-Maximilians-Universität Würzburg sebesar €142.70 untuk semester fee.

Ke-20 mahasiswa memperoleh pengalaman istimewa ketika mengikuti kuliah perdananya. Kuliah perdana mahasiswa bersama Prof. Dr. Hans-Stefan Siller dengan mata kuliah Mathematical modelling in micro/macro teaching settings. Berikut ini beberapa kesan pertama yang dirasakan mahasiswa ketika mengikuti kuliah perdana tersebut.

“Kesan saya saat mengikuti perkuliahan JMU yang pertama adalah menarik dan tentunya menambah ilmu, baik pemodelan matematika maupun berkomunikasi dalam bahasa inggris. Karena saya bukan dari kelas IC (kelas internasional) jadi agak perlu penyesuaian. Harapan saya semoga dapat menggali ilmu sebanyak-banyaknya di perkuliahan ini“, kesan Bebyd Noverianto, Pendidikan Matematika’19 (NIM 4101419078).
“Menurut saya pembelajaran dengan Prof Siller sangat menyenangkan dan mengesankan. Memperoleh ilmu dan pengetahuan dari orang hebat di belahan bumi lain menyadarkan saya bahwa belajar itu luas dan tak terbatas”, kesan Rembulan Permata Octalia, Pendidikan Matematika’18 (NIM 4101418067)
“Perkuliahan pertama sangat menarik, khususnya pada saat penyajian materinya. Saya senang bisa bertemu secara virtual dengan Prof. Siller. Walaupun terkadang kesulitan mencerna materi, Saya tetap senang dengan perkuliahan hari ini”, kesan Bernadinus Krida Estu Untara, Pendidikan Matematika’18 (NIM 4101418134)
“Perkuliahan menarik, selain materi kuliah yang didapat tapi juga dikenalkan mengenai universitas Wuerzburg dan Jerman sehingga dapat menambah wawasan”, kesan Firdha Dwi Lestari, Pendidikan Matematika’19 (NIM 4101419099).

Selamat dan sukses kepada 20 mahasiswa dan Prodi S1 Pendidikan Matematika FMIPA UNNES yang turut meneguhkan FMIPA sebagai kampus Inovatif yang Religius, Unggul, dan Bermakna (Re-Uber) dengan visi menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam berwawasan konservasi yang bereputasi internasional. Semoga ke-20 mahasiswa sukses dan lancar perkuliahannya, memperoleh ilmu yang bermanfaat serta menjadi motivasi dan berkah untuk semua.

Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *