FMIPA Universitas Negeri Semarang menindaklanjuti Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) secara serius. Kerja sama dengan PT lain, dengan DUDIS, Pemerintah, maupun sekolah terus digalakkan. FMIPA Universitas Negeri Semarang dan Universitas Negeri Yogyakarya menyelenggarakan pertemuan dalam rangka penandatanganan Nota Perjanjian Kerja Sama (24/06/21).

Mengawali kegiatan kedua pihak saling memperkenalkan tim-tim yang hadir dalam pertemuan tersebut untuk menambah suasana hangat dan akrab. Hadir dalam pertemuan tersebut Dekan dan Wakil-wakil Dekan, Ketua Jurusan dan Kaprodi yang meliputi Jurusan Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan IPA Terpadu serta tim MBKM dan Tim Penjaminan Mutu dari kedua belah pihak.

Dalam sambutannya, Dekan FMIPA Universitas Negeri Semarang, Dr. Sugianto, M.Si mengatakan sangat membuka diri, dan banyak pintu terbuka untuk dilakukan kerja sama dari delapan skema yang disediakan, dua diantaranya adalah pertukaran mahasiswa, penyelenggaraan konferensi, dan join riset.

Sedangkan Dekan FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Ariswan, M.Si, mengatakan sangat senang dengan adanya kerjasama ini, karena memang dari dulu antara FMIPA UNNES dan FMIPA UNY sudah seperti saudara kandung yang sama-sama saling membantu dalam hal akademik maupun non-akademik. “Kami sebenarnya ingin bertemu dengan teman-teman dari FMIPA UNNES, tapi karena kondisi pandemic Covid-19 sehingga kita hanya bisa bersilaturahmi melalui zoom meeting” kata Dekan FMIPA UNY.

Diskusi kerja sama dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FMIPA Universitas Negeri Semarang Dr. Masrukan, M.Si. Beliau berharap setelah penandatanganan Nota Kerja Sama ini, langsung dilanjutkan koordinasi antar prodi untuk merancang implementasi nyata dalam bentuk kegiatan. “PKS tidak hanya sekedar dokumen, tetapi kepada action yang dilakukan oleh kedua belah pihak dalam bentuk implementasi kegiatan” kata Dr. Masrukan, M.Si. dalam arahan singkatnya.

Lingkup kegiatan yang tertuang dalam dokumen PKS meliputi:  Pertukaran mahasiswa dan transfer kredit; Pengajaran/pertukaran dosen; Penyelenggaraan konferensi/seminar/workshop; Pemberdayaan sumber daya manusia untuk pembimbingan dan pengujian skripsi, tesis, disertasi; pengelolaan jurnal; akreditasi program studi; Penelitian/publikasi bersama; pertukaran artikel; dan Kegiatan Penjaminan Mutu. Dan satu tambahan usulan dari hasil pertemuan tersebut adalah dalam hal pengelolaan jurnal, reviewer dan editor untuk jurnal. Semoga jalinan kerja sama yang dilakukan dapat berjalan lancar dan sukses serta dapat memberikan kebaikan dan manfaat bagi semua pihak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *