1. Buku Panduan Tugas Akhir dan Publikasi UNNES 2022

Berdasarkan surat dengan nomor B/3444/UN37/KM/2022 perihal Pemberlakuan Panduan Tugas Akhir dan Publikasi UNNES, Universitas Negeri Semarang (UNNES) menginformasikan tiga (3) poin penting yang didasarkan pada Peraturan Rektor UNNES No 5 Tahun 2022 tentang Panduan Tugas Akhir dan Publikasi UNNES 2022. Penyelesaian tugas akhir dan publikasi sebagai karya akhir studi mahasiswa dilaksanakan dalam rangka mendukung program MBKM dan mengakselerasi kelulusan mahasiswa.

Pada poin pertama disampaikan mengenai penyusunan tugas akhir dan publikasi oleh mahasiswa program diploma dan sarjana di UNNES harus mengikuti Panduan Tugas Akhir dan Publikasi UNNES sebagaimana terlampir dalam peraturan Rektor tersebut mulai tanggal 28 April 2022.

Selanjutnya disampaikan dalam poin kedua mengenai mahasiswa program diploma dan sarjana dapat memilih karya akhir studinya melalui dua jalur, yaitu tugas akhir yang dapat dilaksanakan secara perorangan atau kelompok dalam prodi yang sama, antarprodi dalam satu fakultas, maupun antar fakultas, atau jalur publikasi artikel ilmiah.

Poin terakhir yaitu mahasiswa program sarjana angkatan 2015, 2016, dan 2017 serta program diploma angkatan 2017 dan 2018 yang sedang menyusun skripsi/tugas akhir (on going), dapat mengganti dengan artikel publikasi (bila diperlukan) dengan bimbingan dosen untuk mengakselerasi kelulusan.

Informasi lebih lanjut mengenai Surat Pemberlakuan Panduan Tugas Akhir dan Publikasi UNNES serta Panduan Tugas Akhir dan Publikasi dapat diakses pada lampiran berikut:

Panduan Tugas Akhir dan Publikasi

2. Buku Panduan Penulisan Karya Ilmiah FMIPA 2021

Skripsi/Tugas Akhir merupakan sebuah karya ilmiah yang wajib dihasilkan oleh mahasiswa S1 dan D3 dalam mencapai gelar sarjana/ahli madya. Buku ini merupakan buku panduan penulisan karya ilmiah, khususnya Tugas Akhir atau Skripsi. Dengan panduan ini, diharapkan penyusunan tugas akhir/skripsi menjadi lebih terencana dan terarah dan sesuai kaidah ilmiah. Hal ini sangat penting karena dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia maka penyusunan skripsi/tugas akhir juga mengalami perubahan. Terdapat beberapa pola dalam MBKM yang menyatukan antara PLP/PKL, KKN dan skripsi dalam 1 kegiatan. Namun mahasiswa tetap diperkenankan untuk mengambil skripsi dalam pola reguler. Oleh karena itu perlu disusun suatu panduan agar terjadi kesepahaman antara mahasiswa dan pembimbing. Demikian pula dengan tata tulis dalam karya ilmiah tersebut. Besar harapan buku panduan ini dapat memberikan gambaran bagi mahasiswa maupun dosen dalam penulisan dan pembimbingan skripsi/tugas akhir. Berikut adalah Panduan Penulisan Karya Ilmiah FMIPA UNNES Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).