Tiara Dwi Wulandari

Tiara Dwi Wulandari adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Jurusan IPA Terpadu angkatan 2020, saat ini aktif sebagai Kepala Departemen Riset dan Pengembangan Keilmuan (RPK), Forum Mahasiswa Islam (FMI) FMIPA UNNES.

Ramadhan tiba… Ramadhan tiba… Marhaban Ya Ramadhan…

Satu pekan lebih kita sudah menjalani hari-hari di bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan menjadi satu diantara banyak momen yang selalu ditunggu oleh umat Muslim. Bahkan ada sebagian masyarakat yang melakukan kegiatan khusus untuk menyambut bulan ini. Dikatakan demikian karena bulan Ramadhan memiliki keutamaan yang tidak dimiliki oleh bulan-bulan lainnya. Pada bulan Ramadan, setiap aktivitas yang bernilai ibadah insyaAllah akan dihitung menjadi lebih dibandingkan dari bulan-bulan lain. Bahkan, amal kebaikan dibalas dengan pahala yang berlipat ganda. “Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan, barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan 70 kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya (HR. Bukhari-Muslim).

Pada bulan Ramadhan seorang muslim berkesempatan untuk kembali ke rutinitas yang baik serta mendapat keberkahan. Rasulullah saw bersabda “Sesungguhnya telah datang kepadamu bulan yang penuh berkah. Allah mewajibkan kamu berpuasa karena dibuka pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka, dan dibelenggu syaithan-syaithan, serta akan dijumpai suatu malam yang nilainya lebih berharga dari seribu bulan” (HR. Ahmad, An-Nasa’i, dan Baihaqi). Begitu banyak keutamaan di bulan suci Ramadhan membuat FMI X Mushola Baitul Alim menghadirkan kegiatan-kegiatan menarik. Yuk kita simak Filosofi Ramadhan kali ini… Timeline Ramadhan kali ini dimulai pada tanggal 31 Maret 2022 yakni berupa Kajian Tematik Persiapan Puasa Ramadhan. Kajian ini dapat diikuti oleh untuk seluruh warga FMIPA.

Setelah itu, kegiatan kajian lain berupa kajian MIPA yang dilaksanakan setiap hari Senin dan Kamis menjelang buka puasa. Kajian ini akan mengupas tuntas tentang bulan Ramadhan dengan tema-tema menarik dan dibuka untuk umum. Kemudian ada juga kegiatan FMI X GRADIKA (Mutiara Senja) yang siap mengisi waktu luang di penghujung sore kita dengan kajian. Tidak kalah seru, ada juga agenda Tongkrongan Ramadhan di setiap akhir pekan. Kegiatan ini berupa ngobrol santai yang dibuka untuk umum yang masih mengulas tentang kemuliaan bulan Ramadhan dengan menghadirkan pembicara yang luar biasa.

Puasa Ramadhan menjadi ciri utama dari bulan Ramadhan. Satu bulan penuh Allah Swt memerintahkan setiap hamba-Nya untuk melaksanakan ibadah puasa Ramadhan, sehingga Ramadhan juga disebut sebagai syahrush shiyam. Puasa Ramadhan menjadikan Ramadhan istimewa karena ia adalah rukun Islam yang tidak ada di bulan-bulan lainnya. Allah Swt berfirman dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah: 183

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْکُمُ الصِّيَا مُ کَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِکُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ  ۙ 

Artinya “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian menjadi orang yang bertakwa”. Kurir Kebaikan yang diselenggarakan pada 17 April 2022. Kurir Kebaikan ini membuka paket sahur dan ifthar yang menyajikan menu-menu spesial agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan sebaik-baiknya. Agenda lain yang dilaksanakan di bulan Ramadhan yaitu MIPA Share Your Happiness. Dalam kegiatan ini FMI akan berbagi senyum bersama yatim piatu yang diselenggarakan pada tanggal 23 April 2022.

Syahru Ramadhan Syahrul Qur’an, Allah menurunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi umat Muslim di bulan yang mulia. Allah melipatgandakan pahala bagi hamba-Nya yang membaca Al Qur’an pada bulan Ramadhan menjadi 10 kali lipat. Dalam sebuah hadis riwayat Imam Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka baginya mendapat satu kebaikan, dan satu kebaikan tersebut dilipat-gandakan menjadi sepuluh kalinya.” Tentu kita tidak ingin kehilangan kesempatan berharga begitu saja. Oleh karena itu, dalam Filosofi Ramadhan ini akan menyelenggarakan khataman bersama di bulan Ramadhan untuk warga FMIPA secara bersama-sama.

Hadirnya Ramadhan adalah sebuah rejeki dan karunia bagi seorang yang bergelar hamba-Nya. Patut bersyukur bagi kita makhluk-Nya yang masuh Allah beri kesempatan untuk berjumpa dengan bulan mulia. Tak pernah tahu akan sampai pada angka berapa batas usia kita di dunia. Akan menjadi sesal ketika Ramadhan berlalu dengan sia-sia sedangkan Allah tidak lagi mengizinkan kita untuk berjumpa dengannya pada tahun berikutnya.

Ramadhan mulia… Melalui hari-hari di bulan Ramadhan merupakan bagian dari sebuah proses. Perjalanan melawan hawa nafsu hingga lulus pada bulan syawal terlahir kembali dalam keadaan fitri sebagai pribadi yang lebih baik lagi. Ramadhan bulan yang dirindukan, bulan yang dinantikan kehadirannya sebab begitu banyak kemuliaan di dalamnya. Mengisi hari-hari Ramadhan dengan aktivitas kebaikan menjadi salah satu wujud syukur dalam kita menjalani sisa usia. Penuh harap, Allah menautkan hati kita dengan Ramadhan. Bulan suci penuh karunia dan kemuliaan.