Cleo ciptakan wadah bagi anak muda yang memiliki passion dalam bidang perfilman untuk berekspresi melalui Short Movie Competition di Duta Muda Cleo (DMC) 2022 bertemakan “Kisah Rasa Dari Sudut Kota”. Kompetisi ini telah dibuka periode pendaftaran & submit karya pada 20 Februari 2022 sd 5 Juni 2022 mendatang dengan total hadiah 150 juta.

Short Movie Competition di Duta Muda Cleo (DMC) 2022 dibuka untuk seluruh anak muda kreatif Indonesia yang telah memiliki tanda pengenal KTP atau Kartu Pelajar berumur 17-30 tahun. Peserta bisa perorangan ataupun kelompok, dan tidak ada batasan jumlah anggota.

Adapun syarat dan ketentuan karya yang dapat didaftarkan dalam Short Movie Competition di Duta Muda Cleo (DMC) 2022 adalah sebagai berikut:

  1. Full video berdurasi 3-5 menit dan trailer video berdurasi maksimal 1 menit.
  2. Pendaftaran kompetisi ini bersifat gratis dan tidak dipungut biaya.
  3. Video yang dikumpulkan harus sesuai dengan tema utama DMC 2022.
  4. Video wajib diproduksi di Indonesia, tidak mengandung SARA, pornografi, kata-kata kotor, kekerasan, ujaran kebencian, tidak memiliki unsur politis dan tidak boleh mengandung identitas produk AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) lain dan wajib menampilkan produk air murni CLEO.
  5. Karya yang dikirim harus otentik dan orisinil, bukan hasil dari plagiarisme atau melanggar hak cipta dari karya orang lain. Jika di kemudian hari ditemukan atau panitia menerima laporan dari pihak lain bahwa karya tersebut terbukti adalah hasil plagiat atau meniru hasil karya orang lain, maka konsekuensinya adalah karya tersebut akan didiskualifikasi dari kompetisi. Jika karya hasil plagiasi ini menjadi pemenang dalam kompetisi, maka panitia akan melakukan mediasi mencari penyelesaian secara musyawarah dan mufakat mengenai hasil lomba serta hadiah yang sudah diterima. Pendaftar bertanggung jawab atas segala permasalahan hak cipta yang terkait dengan pembuatan dan kepemilikan video yang disubmit.
  6. Seluruh video yang didaftarkan dalam acara DMC 2022 akan menjadi hak milik PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) dan tidak boleh disubmit atau didaftarkan di kompetisi lain.
  7. Nama dan logo tim tidak diperkenankan muncul di dalam karya video, namun boleh dicantumkan pada caption (jika diposting di media sosial).
  8. Setiap tim boleh mengirimkan maksimal 2 video.

Berkaitan dengan kriteria yang menjadi penilaian dalam Short Movie Competition di Duta Muda Cleo (DMC) 2022 antara lain:

  • Idea
    • Originalitas
    • Creative level
  • Communication
    • Clearity berupa informasi yang jelas
  • Crafting
    • Relevancy dengan idea
    • Skill and creative level

Pengumuman pemenang akan dilakukan pada puncak acara yang akan digelar pada bulan Juni 2022. Hadiahnya akan diberikan kepada pimpinan kelompok sesuai dengan nama yang tercantum pada form pendaftaran. Keputusan juri dan pihak panitia bersifat mutlak, tidak dapat diganggu gugat. Pajak hadiah ditanggung pemenang.

Apabila anda tertarik untuk mengikuti Short Movie Competition di Duta Muda Cleo (DMC) 2022, berikut disajikan tata cara pendaftarannya:

1. Isi form registrasi di Link registrasi DMC 2022. Selanjutnya kami akan mengirimkan tautan aktivasi akun DMC ke email yang kamu daftarkan. Dengan akun tersebut kamu bisa meng-update profil tim dan upload karya kamu.

2. Klik tautan di email yang kami kirim. Secara otomatis kamu akan terdaftar sebagai peserta DMC 2022. Silakan login dan lengkapi data tim kamu dengan mengisi “Profil Tim” agar profil tim kamu bisa tampil di website sebagai peserta DMC 2022.

3. Buat film pendekmu dengan tema “Kisah Rasa Dari Sudut Kota” berdurasi 3-5 menit. Syarat & ketentuan bisa kamu baca di halaman syarat dan ketentuan.

4. Upload full video, trailer dan poster short moviemu ke Google Drive (HD version), pastikan linknya tidak dikunci biar bisa kami akses ya!

5. Upload video trailer menggunakan template yang sudah kami sediakan (silakan download: “Template DMC 2022”) dan poster short moviemu di feed Instagram. Jangan lupa buat caption semenarik mungkin dan wajib sertakan hashtag #DutaMudaCleo2022 #KisahRasaDariSudutKota. Tag dan mention @cleopurewater @dutamudacleo.

6. Upload juga video trailer short moviemu di Youtube, wajib menggunakan hashtag #DutaMudaCleo2022 #KisahRasaDariSudutKota.

7. Lalu submit semua link karyamu di tab “Form Submit Karya” dan lengkapi data-data yang diminta (semua informasi yang disubmit dijamin aman dan semua data menjadi kerahasiaan tim panitia).

8. Setelah berhasil melakukan submit karya, kami akan mengirimkan konfirmasi di email yang sudah kamu daftarkan.

9. Setelah pendaftaran ditutup, pada tanggal 6 – 7 Juni 2022 kamu juga wajib mengupload video full short moviemu di Youtube dengan menggunakan hashtag #DutaMudaCleo2022 #KisahRasaDariSudutKota.

Sumber berita: unnes.ac.id dan dutamudacleo.com