Desa Cantik merupakan akronim salah satu program dari  Badan Pusat Statistik (BPS) sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden no. 39 Tahun 2019 yakni Desa Cinta Statistik. Salah satu tujuan kegiatan adalah untuk meningkatkan kualitas data hasil penyelenggaraan Statistik Sektoral yang dilaksanakan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemerintah daerah, kota, dan kabupaten. BPS Kota Semarang akan mencanangkan Program Desa Cantik tahun 2022 bekerja sama dengan OPD, Bapeda, Diskominfo, serta unsur Perguruan Tinggi termasuk Program Studi Statistika Terapan dan Komputasi (Staterkom) Jurusan Matematika FMIPA UNNES.

Rabu, 20 Juni 2022 Pimpinan BPS kota Semarang menyambangi kantor Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang yang disambut oleh Dr. Mulyono, M.Si., selaku Ketua Jurusan Matematika didampingi oleh Dr. Nuriana Rahma Dewi (Nino Adhi) selaku Sekretaris Jurusan Matematika. Hadir pula Koordinator Prodi Matematika dan Koordinator Prodi Staterkom, secara berturut-turut Drs. Mashuri, S.Si, dan Dr. Iqbal Kharisudin, S.Pd., M.Sc. Dalam kesempatan ini turut pula Hery Sutarto, selaku anggota Gugus MBKM dan Kerjasama  FMIPA. Sedangkan pimpinan BPS yang hadir adalah Fachruddin Tri Ubajani, S.Si., M.Si. (Kepala BPS Kota Semarang), didampingi Bambang Wahyu Ponco Aji, S.ST., M.Si., Yusnita Dewanti, S.ST., M.Si., Saiful Adhi Saputra, S.Si., dan Haryo Swasti Siantoto, S.Psi.

Pada Tahun 2022 ini telah ditetapkan salah satu kelurahan di Kota Semarang sebagai Desa Cantik, yaitu Kelurahan Sumurejo Kecamatan Gunungpati. Jurusan Matematika, melalui Korprodi Staterkom menyambut rencana kegiatan ini yang berpotensi dilakukan Kerjasama sebagai implementasi Nota Kerja Sama antara BPS Kota Semarang dan FMIPA Unnes. Potensi untuk melibatkan mahasiswa berperan dalam Program Desa Cantik tersebut, juga dimungkinkan untuk menjadi bagian dari program BKP Unnes, yakni Prigel.