Data nasional tentang berbagai bidang dari A sampai Z, baik yang dilakukan melalui survey maupun sensus tersedia secara apik dalam basis data Badan Pusat Statistik (BPS) Propinsi Jawa Tengah. Tetapi keberadaan big data tersebut belum banyak yang memanfaatkan. “Apakah susah mendapatkan data tersebut?”. “Tentu Tidak… sangat mudah”. Data yang ada dalam basis data dapat dimanfaatkan untuk keperluan pendidikan dan penelitian, tetapi tetap mengikuti kode etik.

Pojok Statistik menjadi upaya mendekatkan data kepada masyarakat pada umumnya, dan khususnya para akedemis. FMIPA menjadi pilihan kedua setelah di UNS berdiri dengan cantik Pojok Statistik bekerjasama dengan BPS Propinsi Jawa Tengah di tahun 2020.

Selasa, 21 Juni 2022, Pimpinan BPS Propinsi Jawa Tengah menyambangi kantor Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang yang disambut oleh Dr. Mulyono, M.Si., selaku Ketua Jurusan Matematika didampingi oleh Dr. Nuriana Rahmani Dewi (Nino Adhi) selaku Sekretaris Jurusan Matematika. Hadir pula Koordinator Prodi Matematika, Koordinator Prodi Staterkom, dan Kepala Laboratorium Matematika secara berturut-turut Drs. Mashuri, S.Si, ,  Dr. Iqbal Kharisudin, S.Pd., M.Sc., Dr. Arief Agoestanto, M.Si. Dalam paparannya, disampaikan peluang terwujudnya Pojok Statistika di FMIPA yang di inisiasi oleh Prodi Staterkom dan BPS Propvinsi Jawa Tengah. Dengan demikian, akses untuk bisa mendapatkan manfaat dan memanfaatkan data-data yang ada di BPS menjadi lebih mudah. Pojok Statistik ini juga harapannya mampu melayani kebutuhan akan data bagi dosen, mahasiswa di luar FMIPA Unnes, bahkan masyarakan umum pun dapat mengambil manfaatnya baik untuk Pendidikan, pengajaran, maupun penelitian.