Tidak tanggung-tanggung, Wakil Rektor Bidang 1 Universitas Nahdatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI), Bojonegoro, H.M. Ridlwan Hambali, Lc., M.A., memimpin langsung rombongan yang terdiri dari Dekan FKIP, Ketua Prodi. Pendidikan Matematika, Dosen-dosen dan para mahasiswa untuk membuktikan gaung Laboratorium Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang (22/06/21). Diterima di Ruang rapat Jurusan Matematika, FMIPA UNNES, Gedung D10 lantai 2 oleh Ketua Jurusan Matematiika FMIPA, Dr. Mulyono, M.Si. beserta semua perangkat pimpinan jurusan. Dalam sambutannya, banyak harapan yang disampaikan setelah kunjungan, utamanya untuk pengembangan Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNUGIRI ke depannya.

Tidak mau kehilangan momen, maka tim gugus MBKM, Kerjasama dan Magang menyiapkan dokumen Implementation of Agreement (IA) antara kedua belah pihak tentang pelaksanaan MBKM dan terkait Jurnal Ilmiah.

Di akhir acara penerimaan tamu, dilaksanakan serah terima kenang-kenangan dari kedua belah pihak. Salah satu kenang kenangan yang diberikan oleh Jurusan Matematika adalah produk dalam mata kuliah Media Pendidikan Matematika yang dulu bernama Workhop Pembelajaran Matematika, yakni Envelope Curve atau Kurva Pengejaran yang dikombinasi dan dikonstruksi menjadi Vihara Watu Gong salah satu ikon wisata kota Semarang. Setelah penyerahan kenang-kenangan tersebut, giliran Hery Sutarto, M.Pd., salah satu pengembang media pembelajaran matematika sedikit menerangkan apa itu Envelope Curve dengan mengajak salah seorang mahasiswa melakukan simulasi di depan tamu lainnya.

Sharing Season Antar pimpinan

Setelah kegiatan penerimaan ditutup, kegiatan dilanjutkan berupa diskusi antar pimpinan dan dosen, sedangkan untuk mahasiswa dilakukan tour laboratory yang dipandu oleh Himatika dan Organisasi Unggulan Project Math Club (PMC). Diskusi berjalan dengan santai membicarakan tentang MBKM dan kurikulum, termasuk akreditasi internasional. Saling belajar, sharing, tentang manajemen akademik, kemahasiswaan, dan prestasi.

Touring Laboratorium

Rombongan mahasiswa, pasca penerimaan oleh pimpinan Jurusan Matematika berlanjut dengan Toring Laboratorium. Dipandu oleh Himatika dan PMC mengarahkan mahasiswa menikmati suguhan karya mahasiswa dan dosen Jurusan Matematika yang tersaji di Ruang Pamer, lobi Laboratorium dan Ruang Workshop. Di sela-sela aktivitas touring, mahasiswa dan dosen disuguhkan alat peraga sederhana yang mampu menarik perhatian pengunjung, yakni Magic Trick disuguhkan secara dramatis oleh Hery Sutarto, M.Pd. salah satu dosen pengembang media pembelajaran matematika.

Semoga kunjungan ini bisa berlanjut dalam aktivitas kerjasama lainnya yang dikemas dalam slogan MBKM.