Tren teknologi yang terus berkembang hingga kini, berdampak pada berbagai bidang kehidupan termasuk dalam dunia pendidikan. Terlebih lagi saat wabah COVID-19 melanda, penerapan teknologi semakin menjadi kebutuhan pokok dalam beberapa pelaksanaan kegiatan. Kegiatan pendidikan yang merupakan hal penting dalam keberlangsungan bangsa, juga harus terus beradaptasi dengan berbagai inovasi. Sebagai salah satu yang berorientasi pada nilai-nilai konservasi, UNNES berusaha untuk berkontribusi melalui inovasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan salah satunya dengan konsisten melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat.

Ujian atau evaluasi merupakan salah satu rangkaian dalam kegiatan pembelajaran. Tidak jarang, para guru mengalami beberapa tantangan dalam pelaksanaannya. Salah satunya adalah koreksi hasil ujian yang memakan cukup banyak waktu. Selama ini, kegiatan ujian yang dilaksanakan seluruh siswa di tempat mitra, sebagian besar masih menggunakan kertas sebagai medianya. Hal tersebut menjadi latar belakang masalah yang dipecahkan oleh Tim Pengabdian Jurusan Ilmu Komputer UNNES. Tim yang diketuai oleh Bapak Budi Prasetiyo, S.Si., M.Kom. memberikan pelatihan kepada mitra yaitu SMK Negeri 1 Karimunjawa mengenai manajemen pelaksanaan ujian secara daring.

Aplikasi manajemen pengelolaan ujian tersebut telah memiliki fitur yang sangat mendukung bagi para guru untuk melaksanakan kegiatan ujian. Guru tidak perlu melakukan koreksi lagi secara manual yang akan memakan banyak waktu. Melalui aplikasi tersebut, tim pengabdian dan mitra juga turut mewujudkan salah satu visi konservasi melalui kebijakan nirkertas (paperless) dengan pengurangan jumlah kertas dalam pelaksanaan ujian. Bapak Pato Prawansyah, S.ST. P.I. selaku Kepala SMK Negeri 1 Karimunjawa memberikan apresiasi kepada tim pengabdian yang bersedia memberikan kontribusi dalam peningkatan kualitas pembelajaran di daerah, terlebih daerah yang jauh dari pusat pemerintahan.