Hari ini, Selasa, 2 Agustus 2022 menjadi salah satu hari istimewa bagi FMIPA UNNES dikarenakan memperoleh keberkahan dengan dikukuhkannya Profesor baru. Profesor baru FMIPA ini adalah Prof. Dr. Noor Aini Habibah, S.Si., M.Si. yang dikukuhkan sebagai Profesor dalam Bidang Ilmu Kultur Jaringan Tumbuhan FMIPA, beliau dikukuhkan bersama dengan Prof. Dr. Drs. Nasuka, M.Kes. dari Fakultas Ilmu Keolahragaan.

Upacara pengukuhan dipimpin oleh Rektor UNNES Prof. Dr. Fathur Rokhman M.Hum. yang diselenggarakan secara hybrid, yaitu luring di Auditorium UNNES Gedung Prof. Wuryanto Kampus Sekaran dan daring melalui zoom meeting. Kegiatan ini juga disiarkan secara langsung melalui channel Youtube UNNES mulai pukul 08.30 WIB.

Pengukuhan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia tentang pengangkatan professor oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Universitas Negeri Semarang, Prof. Dr. S Martono MSi. Selanjutnya adalah pembacaan Riwayat hidup profesor oleh Dekan FMIPA Dr. Sugianto, M.Si.

Dalam pengukuhannya sebagai Profesor Bidang Ilmu Kultur Jaringan Tumbuhan FMIPA, Prof. Dr. Noor Aini Habibah, S.Si., M.Si. menyampaikan orasi ilmiahnya yang berjudul “Produksi Metabolit Sekunder dengan Teknik Kultur Jaringan Tumbuhan: Penelitian dan Prospeknya di Industri”.

Pada kesempatan ini Prof. Dr. Noor Aini Habibah, S.Si., M.Si. memaparkan bahwa Indonesia mempunyai keanekaragaman hayati sangat tinggi sehingga mempunyai potensi untuk menghasilkan berbagai macam senyawa bioaktif dari tumbuhan. Pertumbuhan penduduk yang tinggi dan berkurangnya lahan pertanian memerlukan terobosan dalam industri senyawa bioaktif. Penerapan kultur jaringan perlu dikembangkan sehingga produksi metabolisme sekunder akan menjadi lebih optimal, dapat diatur produksinya, dan juga tidak terkendala lahan.

Pengukuhan profesor dilakukan oleh Rektor UNNES, Prof. Dr. Fathur Rokhman M.Hum sekaligus pengalungan samir yang didampingi oleh Ketua Senat, Ketua Majelis Profesor serta Dekan FMIPA UNNES, Dr. Sugianto, M.Si.

Dalam sambutannya, Rektor UNNES Prof. Dr. Fathur Rokhman M.Hum. menyampaikan rasa syukur atas bertambahnya Profesor UNNES. Penelitian tentang kultur jaringan yang dilaksanakan dan dikembangkan menjadi paten, kemudian dikerjasamakan dengan industri membuka peluang yang luar biasa untuk meningkatkan reputasi UNNES juga kemaslahatan bagi masyarakat luas.

Dekan dan segenap civitas akademika FMIPA UNNES mengucapkan Selamat dan Sukses atas Pengukuhan Prof. Dr. Noor Aini Habibah, S.Si., M.Si. semoga dengan bertambahnya amanah ini memperbesar peluang agar ilmunya semakin berkah dan bermanfaat untuk semua, aamiin.

Semoga dengan bertambahnya Profesor baru ini semakin menambah motivasi civitas akademika di FMIPA UNNES untuk berkarya serta memperkuat UNNES dan FMIPA Inovatif yang Religius, Unggul, dan Bermakna (Re-Uber) menuju visi menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam berwawasan konservasi yang bereputasi internasional.

Berikut dokumentasi pengukuhan Prof. Dr. Noor Aini Habibah, S.Si., M.Si. di Chanel Youtube UNNES.