Perusahaan Multinasional yang berlokasi di Komplek Industri Mekar Raya Kav. 12, Bandung, Jawa barat yakni CV Pudak Scientific menerima dengan hangat kunjungan dari Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Semarang (FMIPA UNNES). Kunjungan dan inisiasi kerjasama yang dipimpin oleh Wakil Dekan 1 FMIPA, Dr. Masrukan, M.Si. dan Wakil Dekan 2, Dr. Dwi Yulianti, M.Si, beserta pimpinan Jurusan Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dan Ilmu Komputer. CV Pudak Scientific yang telah berumur puluhan tahun sejak berdiri sudah mampu memasarkan produknya ke 52 negara.

Gambar 1: Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dan Implementation of Agreement

Disampaikan oleh Ari Cahyari, selaku Direktur Marketing, bahwa kerjasama dengan perguruan tinggi menjadi suatu keharusan dan itu sudah dilakukan puluhan tahun lalu di Cina dan Jepang. Dengan datangnya rombongan dari FMIPA UNNES ini merupakan kolaborasi yang bagus sehingga produk yang dihasilkan oleh CV Pudak Scientific sesuai dengan kebutuhan dan keilmuan.

Beberapa potensi aktivitas kerjasama antara kedua pihak terungkap pada sesi diskusi. Diantaranya yaitu Program Praktisi Mengajar (PMM), yang merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Melalui beberapa mata kuliah yang ada di FMIPA, seperti Pengelolaan Laboratorium Dasar, Pengembangan Media Pembelajaran, dan lainnya, tim dari CV Pudak Scientific bisa berperan sebagai Dosen Praktisi. Selain PMM, juga dimungkinkan dilakukan riset bersama, magang mahasiswa, kolaborasi pelatihan, dan kegiatan lainnya yang memang memungkinkan dilakukan.  

Gambar 2: Penyerahan kenang-kenangan oleh Wakil Dekan 2 FMIPA UNNES

Pada sesi diskusi, terungkap satu keinginan dari CV Pudak Scientific untuk mengembangkan kit pendidikan untuk higher education. Hal ini dikarenakan selama ini yang dikembangkan oleh CV Pudak Scientific sebatas untuk kit Kindegarten dan pendidikan dasar. Disinilah FMIPA UNNES memiliki peran strategis untuk ikut berkontribusi dalam bentuk pengembangan bersama dan riset bersama.

Gambar 3: Tour Pudak Scientific

Setelah sesi diskusi, kegiatan dilanjutkan dengan tour Pudak Scientific, melihat proses produksi sampai packing. Beberapa spot yang dikunjungi adalah proses pembuatan alat peraga matematika dan sains dari plastik dan akrilik, pembuatan gelas ukur, proses kalibrasi, yang dipandu oleh Bapak Iksan, tim trainer pelatihan dan CV Pudak Scientific. Semoga kolaborasi ini segera terwujud dalam aktivitas nyata untuk mensukseskan Program MBKM.