Gugus Penjamin Mutu (GPM) beserta pimpinan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang (FMIPA UNNES) pada Senin (21/11/2022) melakukan external benchmarking penjaminan mutu dengan Gugus Kendali Mutu (GKM) FMIPA Institut Teknologi Bandung, bertempat di Gedung Labtek VIII, ITB. Rombongan tim UNNES dipimpin langsung oleh Dr. Masrukhan, M.Si selaku Wakil Dekan Bidang Akademik bersama jajaran tim GPM FMIPA yaitu Dr. Aditya Marianti, M. Si (Ketua GPM), Dr. Ian Yulianti, M. Eng (tim GPM) dan Aji Purwinarko, S. Si, M. Cs (tim GPM). Tim UNNES diterima langsung oleh jajaran pimpinan FMIPA ITB beserta tim GKM yaitu Prof. Ir. Wahyu Srigutomo, S. Si, M. Si, Ph.D (Dekan FMIPA ITB), Dr. Oki Neswan (Ketua GKM FMIPA ITB), Dr. Novitrian (tim GKM FMIPA ITB), dan Dr. Utriweni Mukhaiyar (Manajer Program Penelitian dan Inovasi FMIPA ITB dan tim GKM). Kegiatan external benchmarking turut dihadiri oleh Dr. Masturi, M. Si (Sekretaris Jurusan Fisika UNNES), Dr. Mahardika Prasetya Aji, M. Si (Koorprodi Fisika UNNES), Dr. Sigit Priatmoko, M. Si. (Koorprodi Pendidikan Kimia UNNES), Dr. Wahyu Hidayat, M.Si (Manajer Kerjasama dan Pengabdian Kepada Masyarakat FMIPA ITB) dan Dr. Aep Patah (Manajer Tata Kelola dan Data FMIPA ITB).

External benchmarking  merupakan salah satu upaya dalam siklus Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan (PPEPP) penjaminan mutu yang dilalukan oleh FMIPA UNNES. Kegiatan external benchmarking merupakan tahapan penting yang mana pada proses ini dilakukan perbandingan standar dengan perguruan tinggi lain dalam upaya meningkatkan mutu untuk mencapai standar yang sudah ditentukan yang mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN DIKTI).

Pada kegiatan external benchmarking ini dibahas beberapa hal, diantaranya proses PPEPP penjaminan mutu, sistem penjaminan mutu internal (SPMI) yang meliputi proses audit mutu internal (AMI), instrument AMI serta pelaporan AMI. Dalam kegiatan ini juga dibahas mengenai strategi untuk memenuhi standar yang ditentukan Perguruan Tinggi dan SN DIKTI serta strategi untuk meraih akreditasi internasional.