Gambar 1. Penjelasan program Bangkit dan Bangkit Afiliate oleh Program Manager Dicoding

Pada tanggal 22 November 2022, tim dari FMIPA UNNES yang berjumlah 10 orang berkesempatan untuk mengunjungi kantor Dicoding yang beralamat di Jl. Batik Kumeli No.50, Sukaluyu, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat. Tim yang berkunjung adalah salah satu tim yang diterjunkan oleh FMIPA untuk menjajaki kerjasama di area Bandung, dari tanggal 20 s.d 22 November 2022. Tim yang terdiri dari para pejabat prodi dan jurusan serta tim gugus kerjasama FMIPA ini diterima dengan baik oleh dua orang manajer Dicoding, yaitu Deti Anggraini Ekawati (Program Manager) dan Dimas Catur Wibowo (Business Development Manager).

Dicoding merupakan startup yang bergerak di bidang pendidikan, didirikan pada tahun 2015 dengan tujuan untuk mengembangkan ekosistem developer di Indonesia. Salah satu program unggulan dari Dicoding adalah program Bangkit, yang merupakan program pendidikan untuk mempersiapkan high caliber technical talent untuk perusahaan teknologi yang saat ini sangat membutuhkannya. Program ini didukung oleh instruktur yang berpengalaman dari startup maupun perusahaan teknologi terkemuka, yaitu Google, Goto, dan Traveloka. Selain itu, pihak Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi juga sangat mendukung program ini, termasuk dalam pendanaannya. Program bangkit memiliki tiga learning path yang dapat dipilih oleh pesertanya, yaitu machine learning, mobile programming, dan cloud computing.

Gambar 2. Tim FMIPA UNNES berkesempatan untuk melihat ruang kerja dari staf Dicoding

Melihat kesuksesan program Bangkit pada tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2023 akan dibuka penerimaan peserta program ini dengan jumlah peserta yang lebih banyak dari sebelum-sebelumnya. Oleh karena itu, Deti Anggraini menyampaikan bahwa perlu dibuka program Bangkit Afiliate yang merupakan wadah untuk perguruan tinggi di Indonesia untuk turut mendukung program Bangkit 2023. Dengan tergabung ke dalam Bangkit Afiliate, perguruan tinggi akan mendapatkan beberapa privilege sebagai keuntungannya. Tentunya, perguruan tinggi yang dapat bergabung dengan Bangkit Afiliate harus memenuhi persyaratan-persyaratan khusus. Dalam diskusi yang terjadi di kantor Dicoding Space antara Tim FMIPA UNNES dengan Dicoding, dapat disimpulkan bahwa UNNES eligible untuk menjadi Bangkit Afiliate. Hal ini tentu akan ditindaklanjuti oleh Jurusan Ilmu Komputer FMIPA UNNES untuk segera mendaftarkan formulir Bangkit Afiliate sebelum batas tanggal yang ditentukan.

Gambar 3. Penandatanganan perjanjian kerjasama

Sebagai bukti kerjasama yang akan dilakukan, pada pertemuan tersebut juga dilakukan penandatanganan dokumen perjanjian kerjasama (PKS) antara FMIPA UNNES dengan pihak Dicoding. Semoga inisiasi kerjasama ini dapat menjadi awal yang baik untuk mahasiswa UNNES khususnya di FMIPA untuk menjadi bagian dalam kesuksesan program Bangkit 2023.